Selasa 01 Dec 2020 16:45 WIB

Meluruskan Makna Jihad

Banyak yang salah paham terhadap makna jihad sebenarnya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Meluruskan Makna Jihad. ilustrasi jihad
Foto: tangkapan layar Rabithah Alawiyah
Meluruskan Makna Jihad. ilustrasi jihad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jihad merupakan salah satu istilah yang kerap diperbincangan di Indonesia. Apalagi, akhir-akhir ini ada sekelompok orang yang sampai mengubah redaksi adzan menjadi ajakan berjihad. Hal itu terjadi karena masih banyak yang salah paham terhadap makna jihad yang sebenarnya.

Karena itu, dalam buku yang berjudul Damai Bersama Alqur’an, Muchlis M, Hanafi bersama peneliti lainnya mecoba meluruskan makna jihad yang sebenarnya. Menurut Muchlis, jihad memang merupakan salah salah satu istilah yang sering salah dipahami artinya.

Baca Juga

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kemenag ini menjelaskan, sebagian orang memahami arti jihad dengan pemahaman yang sempit. Jika disebut kata “jihad”, yang terbayang dalam benak mereka adalah peperangan, senjata, darah, dan kematian.

Bagi mereka, kewajiban berjihad dimaknai sebagai kewajiban memerangi orang-orang kafir dan orang-orang munafik sampai mereka masuk Islam. Padahal, menurut Muchlis, perang hanyalah salah satu bentuk jihad yang dilakukan dalam kondisi tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement