4 Jumadil Akhir 1442

Ini Empat Masjid Tertua di Amerika

Rabu , 02 Dec 2020, 04:17 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid-masjid telah berdiri di Amerika Serikat sejak 1900-an.
Masjid-masjid telah berdiri di Amerika Serikat sejak 1900-an.

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Masjid-masjid telah berdiri di Amerika Serikat sejak 1900-an. Ini mencerminkan hidup dan berkembangnya komunitas muslim sejak berabad-abad lamanya di Benua Amerika.

Dilansir dari About Islam, Selasa (1/12) berikut ini, masjid-masjid tertua di Amerika Serikat yang memiliki sejarah dan mengungkap kisah Muslim Amerika.

1. Masjid Muslim Brooklyn di Kota New York

Masjid Brooklyn terdiri dari bangunan dua lantai yang dibangun abad ke-19. Masjid ini dilapisi bilah kayu putih vertikal dan masih terus hidup bagi warga muslim di Washington Heights, Brooklyn, New York City.

Masjid ini dibangun pada tahun 1907 oleh komunitas muslim kulit putih dari negara-negara Baltik di Lituania, Polandia, dan Belarusia. Komunitas etnis Tatar berkumpul dan membeli bekas gereja pada 1927 sebelum membuatnya terlihat seperti masjid yang mereka tinggalkan di Baltik, bangunan kayu kecil dengan menara kecil berornamen di atasnya.

"Masjid ini adalah tempat yang penting bagi Tatar yang bermigrasi ketika mereka datang ke New York. Itu seperti batu ujian dan tempat yang mereka tahu bisa mereka datangi, di mana wajah-wajah yang dikenal akan membantu mereka berdiri," kata Alyssa Ratkewitch, Wakil Presiden masjid, mengatakan kepada My Salaam.

2. Masjid Dakota Utara Ross

Masjid North Dakota terletak di tempat terpencil di sudut barat laut negara bagian, dekat perbatasan Kanada. Masjid ini didirikan pada tahun 1929 kemudian direnovasi pada 2005 sebagai monumen bagi komunitas Lebanon dan Suriah.

Masjid ini memiliki struktur bangunan bata persegi sederhana dengan empat menara tiruan tipis dan kubah tembaga sentral kecil. Masjid ini setelah direnovasi tidak lagi terlihat seperti masjid aslinya, yang dirobohkan pada tahun 1979.

3. Masjid Ibu, Cedar Rapid, Iowa

Masjid Ibu ini dibangun pada 1934 dan dikenal sebagai Rose of Fraternity Lodge dan Moslem Temple. Masjid ini merupakan Masjid Induk Amerika dan juga sebuah monumen bagi Muslim Amerika awal yang bermigrasi dari Suriah Raya.

Saat ini, komunitas muslim lokal beribadah di masjid Islamic Center di Cedar Rapids terdekat, yang dibangun pada tahun 1971 untuk melayani umat muslim yang berkembang. Masjid ini juga biasa digunakan untuk menerima kunjungan dari sekolah-sekolah dan pejabat di seluruh AS.

4. Masjid Muhammad di Washington DC

Masjid Muhammad dibangun pada tahun 1930-an. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun di ibu kota Amerika Serikat oleh muslim keturunan Afrika-Amerika.

Bangunan saat ini, yang memulai kehidupannya sebagai Gedung Islam Nasional (NOI), dibuka pada tahun 1960 melalui dukungan dari penggalang dana utama dan ikon Muslim global Malcolm X.

Pada tahun 1975, Masjid Muhammad berada dibawah bimbingan almarhum Imam Warith Deen Mohammed, salah satu putra pemimpin awal NOI Elijah Muhammad, yang membuka masjid sebagai "Temple 4".

Imam Mohammed menunjuk seorang imam Sunni dan mengubah nama kuil menjadi "Masjid Washington". Dia menyingkirkan bangku-bangku dari aula utama sehingga dapat digunakan untuk solat dan juga mengubah arah sholat ke arah kiblat yang benar.

 

widget->kurs();?>