Arab Saudi: Pembatasan Perjalanan Berakhir Awal 2021

Rabu , 02 Dec 2020, 14:57 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Arab Saudi: Pembatasan Perjalanan Berakhir Awal 2021. Seorang pelaku perjalanan di bandara Jeddah.
Arab Saudi: Pembatasan Perjalanan Berakhir Awal 2021. Seorang pelaku perjalanan di bandara Jeddah.

IHRAM.CO.ID,JEDDAH --Arab Saudi akan mencabut sebagian penangguhan penerbangan internasional mulai 15 September, kata Kementerian Dalam Negeri pada Ahad, enam bulan setelah pembatasan perjalanan diberlakukan karena pandemi virus corona. Kerajaan akan mengakhiri semua pembatasan transportasi udara, darat dan laut "setelah 1 Januari" tahun depan, kata kementerian itu, pada tanggal tertentu yang akan diumumkan pada bulan Desember.

 

Terkait

Sementara itu, warga negara Teluk dan non-Saudi dengan izin tinggal "iqama" atau visa kunjungan dapat memasuki Kerajaan mulai 15 September asalkan mereka telah dites negatif untuk virus corona dalam 48 jam sebelumnya. "Kategori luar biasa" lainnya, seperti pegawai pemerintah dan militer, pekerja kedutaan asing dan orang-orang yang membutuhkan perawatan medis, juga akan diizinkan masuk dan keluar mulai 15 September.

Dengan ini, kini pemuda Saudi yang belajar di luar negeri dapat bernapas lega, karena pengecualian juga mencakup siswa penerima beasiswa, siswa yang disponsori sendiri, peserta pelatihan dalam program persekutuan medis yang studi atau pelatihannya memerlukan perjalanan ke negara lain.

“Setelah menerima surat penerimaan dari sebuah universitas di Belanda saat diisolasi untuk melanjutkan studi PhD saya, saya tetap menaruh harapan dan menunggu pengumuman yang akan datang,” kata Jawaher Abdulattif yang dikutip di Arab News, Rabu (2/12).

“Berita itu mengejutkan, untuk sedikitnya, tapi bagus. Saya akhirnya bisa mulai mengatur penerbangan saya dan memulai studi saya dengan benar," sambungnya.

Keluarga yang dipisahkan oleh penguncian juga dapat melakukan perjalanan untuk bergabung dengan orang yang mereka cintai di luar Kerajaan karena pihak berwenang telah memasukkan mereka dalam kasus-kasus kemanusiaan. Warga Saudi dengan bukti domisili di luar Kerajaan juga dapat melakukan perjalanan, dan akan ada langkah bertahap untuk mencabut penangguhan haji umroh.

sumber: https://www.arabnews.com/node/1733916/saudi-arabia