Rabu 02 Dec 2020 17:00 WIB

210 Burung Alap-Alap Berkompetisi di Festival Arab Saudi

Burung alap-alap merupakan hewan kesayangan masyarakat Timur Tengah.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Sebanyak 210 elang falcon atau burung alap-alap akan bersaing pada hari kelima Festival Elang Raja Abdul Aziz di Malham, Riyadh Utara, Arab Saudi.
Foto: SPA
Sebanyak 210 elang falcon atau burung alap-alap akan bersaing pada hari kelima Festival Elang Raja Abdul Aziz di Malham, Riyadh Utara, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Sebanyak 210 elang falcon atau burung alap-alap akan bersaing pada hari kelima Festival Elang Raja Abdul Aziz di Malham, Riyadh Utara, Arab Saudi. Acara yang diselenggarakan oleh Saudi Falcons Club (SFC) ini dihadiri oleh para pecinta elang di Arab Saudi dan internasional.

Para pecinta alap-alap akan mengharuskan elang melintasi jarak 400 meter terbang menuju Mellwah. Lalu seseorang melemparkan sehelai kain yang diikat ke ujung tali dengan kecepatan tercepat. Di penghujung hari, 10 pemenang teratas dari putaran berbeda kompetisi akan diberi penghargaan.

Baca Juga

Finalis akan dipilih untuk bersaing memperebutkan Piala Raja Abdul Aziz dari kelompok pemenang putaran harian. SFC telah mengalokasikan lebih dari SR 22,7 juta atau sekitar lebih dari Rp 83 miliar hadiah uang tunai di semua cabang kompetisi ini. 

Dilansir di Arab News, Rabu (2/12), festival tahun ini disebut mencerminkan kepedulian para pemimpin untuk melestarikan dan mendukung warisan budaya dan warisan Kerajaan dalam rencananya untuk mencapai Visi Saudi 2030. Mereka ingin mempromosikan dukungan kerajaan untuk kegiatan budaya, dan mendidik orang Saudi tentang sejarah, adat istiadat, dan tradisi negara mereka.

Gelaran tahun ini merupakan edisi ketiga Festival Elang Raja Abdul Aziz dan telah dimulai sejak 28 November lalu. Fesfival akan berakhir pada 28 Desember mendatang. 

Burung alap-alap merupakan hewan kesayangan masyarakat Timur Tengah terutama Suku Badui selain unta. Berbeda dengan elang,  alap-alap memiliki sayap yang lebih sempit dan runcing, paruh lebih pendek dan melengkung, kepala membulat, iris mata gelap serta gaya terbang yang lebih cepat dan akrobatik.

Di Abu Dhabi bahkan ada rumah sakit khusus burung alap-alap. Meski tak terlalu besar, namun rumah sakit yang berdiri sejak 1999 ini melayani 11.500 ekor burung per tahun. 

https://www.arabnews.com/node/1771266/saudi-arabia

https://www.arabnews.com/node/1769441/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement