13 Jumadil Akhir 1442

Arab Saudi Segera Cabut Larangan Perjalanan Selama Pandemi

Kamis , 03 Dec 2020, 05:05 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Arab Saudi Segera Cabut Larangan Perjalanan Selama Pandemi (ilustrasi).
Arab Saudi Segera Cabut Larangan Perjalanan Selama Pandemi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Arab Saudi segera akan mengumumkan pencabutan pembatasan perjalanan terkait virus corona untuk warganya. Hal ini diumukan oleh sumber di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dalam sebuah pernyataan pada Rabu (2/12).

“Nanti akan diumumkan: Pertama, mencabut larangan bagi warga yang pergi dan kembali ke Kerajaan.  Kedua mengizinkan pembukaan perbatasan untuk semua transportasi melalui darat, laut dan udara,” kata kementerian dalam pernyataannya di Twitter dilansir dari Alarabiya, Rabu (2/12).

Pengumuman baru ini mengacu pada pernyataan lama yang dikeluarkan pada September lalu yang menyatakan bahwa pembatasan akan dicabut pada 1 Januari 2021. Sementara klarifikasi lebih lanjut akan diberikan 30 hari sebelum tanggal tersebut, menurut laporan resmi Saudi Press Agency (SPA).

Kerajaan Inggris sebagian mengurangi pembatasan perjalanan pada bulan September, memungkinkan warga GCC dan non-Saudi memasuki negara itu dengan visa kerja, tempat tinggal, atau kunjungan yang valid.

Tiga kategori kemudian dibebaskan dari pembatasan dan diizinkan untuk mengajukan izin perjalanan ke luar negeri. Ini termasuk petugas misi dan warga Arab Saudi dengan kasus kemanusiaan yang ingin bertemu kembali dengan anggota keluarga yang tinggal di luar negeri. Warga negara dan tanggungan mereka yang tinggal di luar negeri juga dibebaskan.

Pihak berwenang awalnya melarang semua perjalanan ke dan dari Arab Saudi sejak Maret untuk mengekang penyebaran virus korona. 

 

widget->kurs();?>