4 Ramadhan 1442

Vietnam Gelar Forum Daring Perkenalkan Potensi Makanan Halal

Kamis , 03 Dec 2020, 12:17 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Vietnam Gelar Forum Daring Perkenalkan Potensi Makanan Halal. Foto: resto halal di Vietnam. Ilustrasi
Vietnam Gelar Forum Daring Perkenalkan Potensi Makanan Halal. Foto: resto halal di Vietnam. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, HANOI -- Sebuah forum daring guna memperkenalkan potensi pasar makanan Halal global dan peluang untuk Vietnam digelar di Hanoi, Senin (30/11). Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 300 delegasi dari dalam maupun luar negeri.

Forum tersebut merupakan yang pertama kalinya digelar, dengan kerja sama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan. Tujuan lain forum ini adalah meningkatkan kesadaran publik tentang potensi pasar dan langkah-langkah untuk membantu perusahaan Vietnam mengakses rantai pasokan Halal secara efektif.

Dilansir di Vietnam Plus, Kamis (3/12), Wakil Presiden Kamar Dagang dan Industri Vietnam (VCCI), Hoang Quang Phong, mengatakan pasar halal berkembang pesat. Saat ini, pasar halal telah mencakup Asia, Timur Tengah - Afrika, Eropa dan Amerika, dan merambah industri makanan, kosmetik, hingga jasa.

Forum tersebut juga memberi perusahaan Vietnam kesempatan untuk berhubungan dengan importir utama dari Eropa, India, Turki, UEA, Oman, Maroko, maupun Federasi Kamar Dagang dan Industri Afrika Barat.

Baca Juga

Menurut Phong, ada hampir 2 miliar Muslim di seluruh dunia. Pengeluaran untuk makanan Halal diperkirakan mencapai 1,4 triliun dolar AS tahun 2020 dan diperkirakan akan melonjak menjadi 15 triliun dolar AS pada tahun 2050.

Wakil Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan, Le Minh Hoan, menyarankan kementerian, lembaga, serta daerah untuk terus mengerjakan saran yang dikeluarkan dari sisi bisnis, asosiasi, dan lembaga sertifikasi Halal. Saran yang ada dipercaya membantu perusahaan secara efektif bergabung dengan produksi dan rantai pasokan Halal global.

Wakil Menteri Luar Negeri, Dang Minh Khoi, mengatakan lembaga-lembaga Vietnam di luar negeri akan terus membantu perusahaan domestik dalam mengakses pasar Halal di seluruh dunia. Bantuan diberikan utamanya di pusat-pusat makanan halal, berkontribusi memperluas pertukaran antara orang-ke-orang Vietnam dan negara-negara Islam, serta mempromosikan pertukaran budaya dan pariwisata dari Negara Islam ke Vietnam.

Di sela-sela forum juga digelar pula pameran produk Halal unggulan dan produk Vietnam yang memenuhi standar Halal. Pameran itu mencakup produk seperti teh, kopi, biji sachi inchi, dan industri hidangan laut. 

Sumber: 

https://en.vietnamplus.vn/online-forum-introduces-potential-of-halal-food/191381.vnp

 

widget->kurs();?>