Kamis 03 Dec 2020 14:51 WIB

Warga Jateng Liburan Akhir Tahun dengan Tinggal di Rumah

Wagra dimbau tak usah mudik dan waspada dalam liburan akhir tahun

Rep: bowo pribadi/ Red: Muhammad Subarkah
Suasana liburan di tengah pandemi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Suasana liburan di tengah pandemi

IHRAM.CO.ID, SEMARANG—Meski telah dipangkas, liburan akhir tahun tetap menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pasalnya pandemi Covid-19 belum bisa dikendalikan di daerahnya.  

Terkait hal itu, orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah tersebut mengimbau kepada warganya untuk ikut membantu Pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Saya mengimbau, warga Jawa Tengah agar tetap di rumah dan tidak bepergian ke mana- mana, saat liburan akhir tahun nanti,” ungkapnya, di Semarang, Kamis (3/12).

Dengan tidak berlibur atau bepergian pada masa liburan nanti, jelasnya, maka warga Jawa Tengah dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Demikian pula, dengan tetap berada di daerahnya masing- masing pada saat libur akhir tahun nanti, warga juga bisa meminimalkan risiko tertular virus Corona tersebut.

Makanya, pada libur akhir tahun nanti, usahakan tetap ada di wilayah masing- masing dan jangan pergi ke mana- mana, apalagi di zona merah penyebaran Covid-19.

“Kalau memang bisa merayakan dengan keluarga di tempat masing- masing dan tidak pergi meninggalkan daerahnya, itu sudah sangat membantu mengendalikan penyebaran,” tegas gubernur.

Di sisi lain, Ganjar juga mengingatkan agar masyarakat yang melakukan libur akhir tahun agar tetap waspada. Sebab --pada saat liburan-- warga cenderung lengah, kemudian berada dalam kerumunan dan berpotensi terpapar Covid-19.

“Termasuk bagi warga Jawa Tengah yang berada di luar kota, nggak usah mudik dulu deh. Yuk kita jaga sebentar saja, agar kemudian kita bisa mencegah penularan dengan sangat cepat,” tambahnya.

Terlebih lagi, lanjut gubernur, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah juga tengah mempersiapkan untuk pelaksanaan sekolah tatap muka, pada Januari 2021 mendatang.

Maka imbauan tersebut sekaligus juga untuk meyakinkan dan memastikan jangan ada lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Tengah menjelang digelarnya sekolah tatap muka.

Maka gubernur mengajak warga Jawa Tengah pada liburan akhir tahun untuk tetap di tempat masing- masing, di wilayah masing- masing dan bersama keluarga masing- masing.

“Jika itu dilakukan, akan sangat membantu kita semuanya dalam mengatasi dan mengendalikan penyebaran pandemic Covid-19,” tandas Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement