Kamis 03 Dec 2020 20:30 WIB

Kemenag Sumsel Siapkan Tiga Opsi Pemberangkatan Haji 2021

Mudah-mudahan pemberangkatan jamaah haji tidak mengalami penundaan lagi.

Kemenag Sumsel Siapkan Tiga Opsi Pemberangkatan Haji 2021 (ilustrasi).
Foto: Saudi Press Agency / HO via REUTERS
Kemenag Sumsel Siapkan Tiga Opsi Pemberangkatan Haji 2021 (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,PALEMBANG -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan tiga opsi menghadapi kemungkinan pemberangkatan jamaah calon haji pada 2021 atau 1442 Hijriah yang diperkirakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Untuk menghadapi musim ibadah haji tahun depan belum diperoleh aturan boleh atau tidaknya pemberangkatan namun perlu diantisipasi dengan melakukan beberapa persiapan," kata Kabag Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin Latief di Palembang, Kamis (3/12).

Dia menjelaskan opsi yang disiapkan untuk menghadapi musim ibadah haji 2021, yakni memberangkatkan dengan jumlah calon haji sesuai dengan ketentuan kuota penuh, sekitar 7.000 orang,

Selain itu, opsi dengan menyiapkan keberangkatan jamaah dengan kuota 30 hingga 50 persen, bahkan jika pandemi Covid-19 masih cukup parah, langkah terakhir dilakukan opsi tidak memberangkatkan semua jamaah yang ditetapkan berangkat pada musim haji 2021.

 

Untuk menerapkan opsi tersebut, pihaknya menyesuaikan dengan perkembangan kondisi pandemi Covid-19 dan kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Pemberangkatan jamaah calon haji pada tahun depan diharapkan bisa berjalan seperti sebelum adanya pandemi virus corona jenis baru itu.

"Mudah-mudahan pemberangkatan jamaah haji tidak mengalami penundaan lagi seperti yang terjadi pada musim haji 1441 Hijriah, karena dapat memengaruhi masa tunggu pemberangkatan masyarakat yang telah mendaftar yang kini mencapai 10 tahun lebih," ujar Saefudin.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement