15 Jumadil Akhir 1442

Turkmenistan Bangun Masjid Baru di Afghanistan

Sabtu , 05 Dec 2020, 14:43 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Salah satu masjid di Kabul, Afganistan.
Salah satu masjid di Kabul, Afganistan.

IHRAM.CO.ID, AKINA -- Sebuah masjid yang dibangun oleh Turkmenistan di kotapraja Akina di dekat Andkhoy di provinsi Faryab, Afghanistan, resmi dibuka pada Jumat (4/12). Dilansir di Trend News Agency, Sabtu (5/12), masjid itu dibangun sebagai sikap ramah dari pihak Turkmenistan kepada masyarakat Afghanistan.

Sesuai dengan Resolusi Presiden Gurbanguly Berdimuhamedov, masjid berkapasitas 500 kursi itu mulai dibangun pada November 2018. Keputusan itu diambil dalam kerangka dukungan yang diberikan Turkmenistan untuk mencapai stabilitas dan keamanan di Afghanistan, termasuk bantuan kemanusiaan kepada orang-orang Afghanistan bersaudara.

Acara pembukaan masjid tersebut dihadiri oleh perwakilan delegasi Turkmenistan yang dipimpin oleh Kepala Mufti di negara itu, Y. Khojagulyev, kemudian Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Turkmenistan untuk Republik Islam Afghanistan H. Ovezov, Konsul Turkmenistan di kota Mazar -i-Sharif B. Kabaev, para imam dari velayat Mary dan Lebap di negara itu dan perwakilan dari media Turkmenistan.

Sementara dari pihak Afghanistan, acara tersebut dihadiri oleh Menteri Haji dan Urusan Islam Mohammad Qasim Halimi, khyakim dari provinsi Jovzjan Lotfullah Azizi, khyakim dari provinsi Faryab Nakibullah Faik, perwakilan dari Kementerian tersebut dan cabang Kementerian Luar Negeri IRA di Mazar-i-Sharif, perwakilan departemen dan layanan negara kotapraja Akina, serta banyak warga Turkmenistan yang tinggal di wilayah itu.

Pembukaan masjid pada malam peringatan 25 tahun Netralitas permanen Turkmenistan itu sangat simbolis. Turkmenistan, sebagai negara netral, yang statusnya diabadikan dalam resolusi yang relevan dari Majelis Umum PBB, melakukan pekerjaan luar biasa untuk mempromosikan kerja sama politik dan diplomatik, perdagangan ekonomi, budaya dan kemanusiaan di seluruh kawasan.

Turkmenistan menaruh perhatian besar pada pembangunan yang stabil di negara tetangga dan memberikan solidaritas persaudaraan dan dukungan aktif dalam integrasinya ke dalam jalan pembangunan yang damai.

Dalam rangka menghormati pembukaan fasilitas spiritual baru bagi rakyat Afghanistan itu, kargo kemanusiaan dikirim dari Turkmenistan ke provinsi Afghanistan di Jovzjan, Herat, dan Faryab. Kargo itu terdiri dari obat-obatan dan perlengkapan serta sarana medis, rumah tangga, tekstil, dan produk makanan yang diproduksi di Turkmenistan.

Delegasi perwakilan dari Turkmenistan, serta para pejabat tinggi dari berbagai departemen Afghanistan, ikut ambil bagian dalam upacara pengiriman bantuan kemanusiaan di kota Turgundi, provinsi Herat tersebut.

 

widget->kurs();?>