Senin 07 Dec 2020 08:43 WIB

Jangan Ragu Saat Harus Divaksin Covid-19

Vaksin yang sudah dapat izin BPOM bisa dipastikan efektivitasnya.

Foto: Republika
Vaksin Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, Kelompok masyarakat prioritas ditargetkan akan mulai mendapatkan vaksin Covid-19 secepatnya. Masyarakat di Tanah Air diharap bisa meyakini vaksin Covid-19 yang disediakan pemerintah aman.

Pembuatan vaksin, termasuk vaksin Covid-19, harus melalui uji klinis. Uji klinis awal biasanya dilakukan ke hewan. Setelah aman dan efektif di hewan, dilakukan uji klinis ke manusia dalam beberapa tahap.

Baca Juga

Setelah uji klinis selesai, hasil uji klinis tersebut akan dinilai oleh BPOM baru kemudian vaksin dapat digunakan luas pada masyarakat. Vaksin apapun yang sudah mendapatkan izin edar dari BPOM sudah dipastikan efektivitasnya.

Vaksin merupakan produk biologis yang sangat rentan terhadap perubahan suhu. Karena itu, mayoritas vaksin perlu disimpan pada suhu 2-8 derajat Celcius dan kondisinya harus terus dijaga sampai pada orang yang akan divaksin.

Indonesia sudah berpengalaman panjang melakukan imunisasi rutin. Semua vaksin yang digunakan selama ini sudah menggunakan sistem cold chain yang baik sampai ke pelosok.

Sejak vaksin diproduksi di pabrik sampai ke rumah sakit, peralatan yang digunakan sudah standar seperti cold box semuanya sudah tersedia di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement