Wadi Al-Disah: Lembah Terkenal di Wilayah Tabuk Arab Saudi

Senin , 07 Dec 2020, 09:21 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Wadi Al-Disah: Lembah Terkenal di Wilayah Tabuk Arab Saudi
Wadi Al-Disah: Lembah Terkenal di Wilayah Tabuk Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Wadi Al-Disah yang berada di wilayah Tabuk merupakan salah satu lembah paling terkenal di Kerajaan. Lokasi ini juga menjadi salah satu tempat wisata alam paling terkenal di wilayah itu.

 

Terkait

Lembah tersebut juga dikenal dengan beberapa nama, seperti, Wadi Al-Habak, Tamar Al-Nabq, Wadi Damah, dan Wadi Qarar. Pengunjung lembah yang indah ini akan terpesona dengan ketenangan dan udaranya yang segar.

Baca Juga

Wisata alam ini terletak sekitar 220 km di selatan kota Tabuk. Untuk mencapai titik tersebut, pelancong harus menembus pegunungan berbentuk pilar, di mana berbagai macam pohon ditemukan, termasuk palem, edamas, serta pohon basil dan jeruk.

Di tepi lembah terlihat pegunungan merah. Lembah ini juga memiliki area yang dikenal sebagai Blue Eye, di mana air dari berbagai mata air mengalir.

Salah satu mata air di tengah lembah sumbernya masih tidak diketahui dan mengalir dari tempat berbatu. Airnya terkenal dengan kejernihan dan kesegarannya.

Cuaca di lembah ini sejuk sepanjang tahun, menjadikannya tempat yang ideal untuk bercocok tanam. Beberapa tumbuhan yang ditanam adalah buckthorn, sayuran, jeruk, pisang, mangga, tomat dan pohon mint.

Fasad Nabataean di lembah dan makam pahatan batu menambah keindahannya. Situs arkeologi lainnya yang mencakup sisa-sisa permukiman, seperti Al-Mushairef, Al-Sukhnah dan Al-Maskounah, seakan membuatnya semakin berwarna. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini