Senin 07 Dec 2020 11:37 WIB

Empat Masjid dan Islamic Center Besar di Jerman

Pada 2004, masjid dengan menara terhitung berjumlah 141.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Masjid di Jerman
Foto: google.com
Masjid di Jerman

IHRAM.CO.ID, BERLIN -- Pew Research Center mengeluarkan laporan yang menyebut Muslim merupakan kelompok agama minoritas terbesar di Jerman, pada 2017. Laporan itu menyebut Muslim di negara itu berjumlah sekitar 5 juta orang dan mewakili sekitar 6,1 persen dari populasi Jerman.

Lebih dari separuh Muslim di Jerman, sekitar 63,2 persen, berasal dari Turki dan Kurdi. Kedua kelompok tersebut diikuti oleh Muslim dari Pakistan, Bosnia, Albania, Afrika Utara, Levant, Iran, Irak dan Afghanistan.

Dilansir di About Islam, Senin (7/12), sebagian besar Muslim tinggal di ibu kota Berlin dan kota-kota besar bekas Jerman Barat. Namun, komunitas Muslim yang cukup besar juga ada di beberapa daerah pedesaan.

Dari sekitar 3.000 lembaga Islam yang digunakan sebagai tempat shalat di Jerman, hanya ratusan di antaranya yang dikenal sebagai masjid. Pada tahun 2004, masjid dengan menara terhitung berjumlah 141.

 

Sisanya, kerap disebut sebagai masjid halaman belakang. Sebutan ini memiliki makna sebagai ruangan di sebuah bangunan yang memiliki tujuan lain, atau tidak tampak seperti masjid.

Di luar itu, berikut empat masjid sekaligus pusat keislaman di Jerman.

1. Masjid Schwetzingen

Dibangun tahun 1779 di kompleks taman Istana Schwetzingen di Baden-Württemberg, masjid ini dikenal sebagai bangunan bergaya masjid paling awal di Jerman.

Masjid ini dibangun saat arsitektur Islam mendominasi dunia. Meski demikian, bangunan ini tidak pernah ditujukan untuk melaksanakan ibadah, meski di kemudian hari digunakan untuk tujuan keagamaan di berbagai waktu.

2. Masjid Yavuz Sultan Selim

Masjid ini merupakan bangunan keagamaan di Mannheim yang merupakan masjid terbesar di Jerman hingga tahun 2008. Sebanyak 3.000 Muslim mengunjunginya setiap akhir pekan.

Sejak masjid dibuka pada tahun 1995, toko-toko Muslim terdekat dan pusat pemuda telah menjadi magnet bagi komunitas Muslim.

3. Akademi Raja Fahd

Lokasi ini merupakan sekolah Islam di Bonn dengan sebuah masjid yang dibuka pada tahun 1995. Bangunan tersebut diberi nama dari Raja Saudi Fahd.

4. Masjid Pusat Koln

Masjid tersebut merupakan bangunan yang ditugaskan oleh Muslim Jerman dari Organisasi DITIB agar menjadi pusat masjid yang besar dan representatif di Cologne, Jerman. Bangunan ini juga dianggap sebagai salah satu masjid terbesar di Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement