Senin 07 Dec 2020 19:29 WIB

Vaksin Covid-19 Tiba, Pengusaha Lega dan Optimistis

Psikologi masyarakat akan pulih kembali tidak merasa takut keluar rumah beraktivitas

 Foto selebaran yang disediakan oleh Istana Kepresidenan Indonesia menunjukkan para pekerja yang menurunkan vaksin COVID-19 dari China Sinovac Biotech, Ltd di Bandara Internasional Jakarta di Tangerang, Indonesia, 06 Desember 2020.
Foto: EPA-EFE/INDONESIAN PRESIDENTIAL PALACE
Foto selebaran yang disediakan oleh Istana Kepresidenan Indonesia menunjukkan para pekerja yang menurunkan vaksin COVID-19 dari China Sinovac Biotech, Ltd di Bandara Internasional Jakarta di Tangerang, Indonesia, 06 Desember 2020.

Oleh: SARMAN SIMANJORANG

Ketua Umum DPD HIPPI Prov DKI Jakarta

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia usaha memberikan apresiasi atas kerja keras Pemerintah untuk mengendalikan dan mematikan penyebaran virus covid 19 dari bumi Indonesia. Hampir 9 bulan ekonomi kita terpuruk dan stagnan  yang mengakibatkan daya beli masyarakat menurun derastis,pengusaha terpaksa melakukan PHK bahkan banyak UMKM yang bertumbangan. Resesi ekonomi sesuatu yang tidak bisa dihindari akibat dari anjloknya pertumbuhan ekonomi kita dimana dalam dua kuartral II dan III-2020 mengalami kontraksi minus. 

 

Ditengah kegelisahan dan kekawatiran pelaku usaha ada secercah harapan dimana tadi malam vaksin covid 19 telah tiba ditanah air sebanyak 1,2 juta dosis dari Tiongkok buatan Sinovac dan akan menyusul 15 juta vaksin. Dengan adanya vaksin ini pemerintah akan mempersiapkan program vaksinasi secara nasional bertahap setelah melalui tahapan dan prosedur BPOM. Dengan tibanya vaksin covid 19 pengusaha merasa lega dan optimis akan percepatan pemuilihan ekonomi nasional. 

Belakangan ini psikologi pelaku usaha sudah sangat terganggu melihat jumlah yang terkapar semakin tinggi, namun dengan datangnya vaksin covid 19 di Tanah Air ada keyakinan dan kepercayaan bahwa tahun depan ekonomi kita perlahan akan mulai menggeliat dan tumbuh positif. Psikologi masyarakat akan pulih kembali tidak merasa takut keluar rumah dalam melaksanakan berbagai aktivitasnya. Kelas menengah kita yang selama ini menyimpan uangnya akan mulai berinvestasi dan berbelanja yang akan meningkatkan daya beli atau konsumsi rumah tangga.

Kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan vaksinasi covid 19 untuk keselamatan dan kesehatan kita semua serta masa depan ekonomi kita. Dengan suksesnya Vaksinasi ini tentu akan meningkatkan kepercayaan pasar dan investor untuk segera masuk menanamkan modalnya di Indonesia. Sehingga para karyawan yang terkena PHK dan dirumahkan dapat bekerja kembali dan yang menganggur juga memiliki kesempatan mendapatkan pekerjaan. Juga kepada para pengusaha yang memiliki kemampuan agar dapat mensukses program vaksinasi secara mandiri, bahkan melalui program CSR dapat membantu masyarakat disekitarnya untuk vaksin covid secara mandiri sehingga program pemerintah ini dapat lebih cepat dan merata.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement