Senin 07 Dec 2020 23:07 WIB

Pariaman akan Canangkan Transaksi Nontunai di Lokasi Wisata

Transaksi nontunai dapat mengedukasi pedagang untuk menabung.

Pariaman akan Canangkan Transaksi Nontunai di Lokasi Wisata (ilustrasi)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Pariaman akan Canangkan Transaksi Nontunai di Lokasi Wisata (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,PARIAMAN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat akan mencanangkan transaksi nontunai di destinasi objek wisata di daerah itu guna memudahkan pembayaran dari wisatawan dengan memanfaatkan teknologi.

"Sekarang sedang kami siapkan. Software dan sistem informasinya disiapkan oleh Bank Nagari," kata Wali Kota Pariaman,Genius Umar usai meluncurkan Kawasan Kuliner Objek Wisata Talao Pauh di Pariaman, Senin (7/12).

Ia mengatakan untuk percontohan pihaknya akan mengembangkan lebih dahulu di Kawasan Kuliner Talao Pauh dan nanti akan diterapkan di objek wisata lainnya di Pariaman.

Ia menyampaikan dalam menerapkan transaksi non tunai tersebut pihaknya mempersiapkan pedagang agar mengetahui manfaat serta cara menggunakannya. "Setelah selesai di sini (Kawasan Kuliner Talao Pauh) nanti kita terapkan di objek wisata lain," katanya.

Genius mengatakan manfaat dari sistem transaksi non tunai tersebut tidak saja dapat membantu wisatawan untuk membayar belanjanya di objek wisata di daerah itu namun juga dapat mengedukasi pedagang untuk menabung. "Jadi uangnya dapat ditabung, hasil jual beli siang hari tidak langsung habis petangnya," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Bank Nagari Syafrizal mengatakan pihaknya memiliki produk yang bernama QRIS untuk membantu transaksi non tunai.

Produk tersebut, lanjutnya dapat digunakan hanya dengan membuka rekening di Bank Nagari. "Produk ini untuk meningkatkan kualitas layanan transaksi keuangan di mana saja," kata dia.

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi agar masyarakat dapat bertransaksi keuangan dengan gawai. Ia menambahkan produk layanan tersebut dibuat untuk meningkatkan kontribusi pihaknya dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement