Rabu 09 Dec 2020 19:09 WIB

Selain Pakar Fikih, Imam Syafi'i Ternyata Ahli Bahasa

Imam Syafi'i merupakan salah satu imam mazhab yang paling tersohor.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Selain Pakar Fikih, Imam Syafi'i Ternyata Ahli Bahasa.
Foto: Mgrol120
Selain Pakar Fikih, Imam Syafi'i Ternyata Ahli Bahasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Syafi'i merupakan salah satu imam mazhab yang paling tersohor dalam dunia Islam. Bahkan di Indonesia, mayoritas umat Islam menggunakan mazhab Syafi'i dalam menjalankan rutinitas syariahnya.

Ternyata selain menjadi pakar fikih, Imam Syafi'i pun merupakan ahli bahasa. Dalam buku Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i karya Muhammad Ajib dijelaskan, salah satu kelebihan Imam Syafi'i adalah penguasaannya terhadap ilmu bahasa Arab dan kefasihannya dalam bahasa tersebut.

Baca Juga

Beliau bahkan dijuluki sebagai orang yang paling fasih di zamannya dan dijadikan rujukan dalam ilmu bahasa. Imam Dzahabi bahkan mengatakan Rabi bin Sulaiman tidak akan mampu memahami setiap ucapan Imam Syafi'i disebabkan kefasihan dan gharib (keanehan/tidak begitu dikenal)-nya lafaz-lafaz yang keluar dari Imam Syafi'i.

Akan tetapi, Imam Syafi'i memudahkan semua itu dalam setiap tulisan yang beliau tulis dalam semua kitab-kitabnya. Sehingga meskipun beliau memiliki perbendaharaan bahasa Arab yang rumit dan tidak banyak dikenal masyarakat Arab secara luas, beliau mampu menyampaikannya dengan sentuhan dan ciri khas yang dapat diterima dengan baik secara luas.

Dengan kepandaian dan kecerdasan beliau dalam ilmu bahasa inilah, maka sangat mudah bagi Imam Syafi'i memahami lafaz yang termaktub di dalam Alquran dan hadits. Kepandaian ini pun dibarengi dengan akhlak yang baik serta ketekunan luar biasa beliau dalam menuntut ilmu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement