Kamis 10 Dec 2020 06:30 WIB

Pertamina RU III Kembali Hadirkan Produk Avtur Unggulan

Kegiatan ini adalah kado Pertamina bagi Indonesia sebagai rangkaian HUT Pertamina

Rep: intan pratiwi/ Red: Hiru Muhammad
Petugas mengisi bahan bakar pesawat/avtur (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Petugas mengisi bahan bakar pesawat/avtur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menyambut hari ulang tahun (HUT) Pertamina Ke-63, Refinery Unit (RU) III Plaju yang merupakan Sub-holding Refining & Petrochemical Pertamina kembali menghadirkan produk Avtur untuk penuhi kebutuhan konsumsi Avtur di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

Peluncuran Avtur tersebut disaksikan CEO PT Kilang Pertamina Internasional Ignatius Tallulembang, secara virtual dan General Manager Refinery Unit III Moh Hasan Efendi yang hadir langsung. Kegiatan ini merupakan kado Pertamina untuk Indonesia yang termasuk dalam rangkaian acara HUT Pertamina ke-63.

Melalui sambutannya, sambil memaparkan inisiatif itu, Hasan bersyukur karena melalui inisiatif Avtur Reborn, RU III Plaju dapat memproduksi kembali Avtur untuk memenuhi ketahanan energi nasional dan mengurangi impor BBM. “Pada hari ini, kami menghadirkan Avtur yang menjadi unggulan RU III untuk kemandirian energi di Sumatera Bagian Selatan,” kata  Hasan.

Avtur Reborn yang diinisiasi oleh para pekerja muda Pertamina membangun Avtur Treater Unit secara mandiri, mulai dari fase engineering, procurement, construction (EPC), serta commissioning. Sehingga menghemat biaya pengadaan hingga Rp 45 miliar. Adanya Avtur Treater Unit tersebut dapat meningkatkan potensi margin Refinery Unit III Plaju hingga Rp 85 miliar per tahun.

Setelah mengalami penurunan produksi Avtur sejak 2015, bahkan diskontinu pada 2019, RU III Plaju akhirnya berhasil memproduksi kembali dengan kapasitas mencapai 10.000 kl per bulan yang merupakan pencapaian tertinggi RU III Plaju selama lebih dari satu abad beroperasi.

Sementara itu melalui sambungan secara virtual, Ignatius mengatakan, tahun ini tidak mudah bagi semua, Covid-19 membawa dampak besar bagi dunia tidak terkecuali bagi Pertamina. Tantangan bisnis semakin besar di tengah kondisi kesehatan yang rentan.

Melalui semangat Change, Innovation, Professional, Speed (CIPS), serta pantang menyerah, membuat para pekerja muda Pertamina terus menembus berbagai inovasi menjalankan program dalam rangka mencapai visi misi perusahaan.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi dan selamat kepada RU III Plaju untuk pencapaiannya. Di tahun ini PT Kilang Pertamina Internasional dapat memberikan 24 kado untuk Pertamina tercinta,” ujar Ignatius.

“Saya berharap komunikasi bersama stakeholder internal dan eksternal dapat saling mendukung program strategis, yang tidak lain untuk mencapai efisiensi dan meningkatkan daya saing perusahaan," ucapnya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement