Kamis 10 Dec 2020 14:03 WIB

Komnas HAM Susun Fakta Kasus Penembakan Laskar FPI

Komnas HAM telah membentuk tim dan terjun ke lokasi perkara.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah
Mobil ambulans yang membawa jenazah laskar FPI saat akan meninggalkan RS Polri Kramat Jati di Jakarta, Selasa (8/12).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Mobil ambulans yang membawa jenazah laskar FPI saat akan meninggalkan RS Polri Kramat Jati di Jakarta, Selasa (8/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, sejak ada dugaan penembakan enam orang laskar FPI, Komnas HAM langsung bergerak. Bahkan, ia mengaku, sejak hari kejadian, Senin (7/12) lalu, tim pemantauan dan penyelidikan khusus dari Komnas HAM sudah mulai melakukan investigasi.

"Ya, kita langsung membentuk tim dari pemantauan dan penyelidikan Komnas HAM. Dan langsung bekerja sejak Senin," ujar dia ketika dikonfirmasi, Kamis (10/12).

Baca Juga

Ia menambahkan, hingga kini, Komnas HAM telah mengumpulkan keterangan dan kejadian dari pihak FPI. Sehingga, untuk selanjutnya, kata dia, akan segera dimintai keterangan. "Kami juga sudah olah TKP," tambah dia.

Menurutnya, dari berbagai upaya itu, titik terang mengenai kronologi peristiwa sudah mulai muncul. Tetapi, ia enggan menjelaskan temuan dan detail dari peristiwa itu.

"Secara terbuka, kami belum bisa (memberi detail). Karena ini baru meminta keterangan dari FPI dan harus diverifikasi dengan kepolisian," tambah dia.

Ke depan, jelasnya, Komnas HAM masih harus melakukan analisis dari berbagai temuan itu. Dalam melakukan penyelidikan, Komnas juga memakai konteks yang lebih luas.

"Kami melihatnya sebelum peristiwa, saat peristiwa, dan setelah peristiwa,’’ ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement