Jumat 11 Dec 2020 11:46 WIB

UAE Peringkat 15 dalam Indeks Pengetahuan Global PBB 2020

UAE adalah negara Arab dengan peringkat teratas, sementara Arab Saudi di peringkat 42

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
 Uni Emirat Arab.
Foto: AP Photo/Jon Gambrell
Uni Emirat Arab.

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI – Uni Emirat Arab (UAE) berada di peringkat 15 dalam Indeks Pengetahuan Global Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) 2020 yang mengukur pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan inovasi di 138 negara di seluruh dunia. Negara teratas dalam indeks tahun ini adalah Swiss yang menempati posisi pertama. Sementara itu, ada Amerika Serikat di urutan kedua dan Finlandia di urutan ketiga. Sedangkan sejumlah negara Afrika seperti Chad, Angola, dan Mauritania berada di peringkat terendah dalam daftar.

UAE adalah negara Arab dengan peringkat teratas, sementara Arab Saudi dan Bahrain menempati posisi masuk di 50 besar, masing-masing di urutan 42 dan 43. Di sub bagian pendidikan pra-universitas Indeks, UEA berada di peringkat kesepuluh. Di sub-bagian pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan, UEA berada di peringkat 11 dan Arab Saudi di peringkat 12.

UEA digambarkan sebagai pemain terkemuka dalam infrastruktur pengetahuannya. Arab Saudi yang digambarkan sebagai pemain kuat dalam indeks, naik 10 peringkat dari tahun lalu. Sebelumnya Saudi berada di urutan 52 menjadi 42.

Dilansir English Al Arabiya, Jumat (11/12), laporan tahun 2020 menyebut wilayah kekuatan Saudi termasuk keberhasilan pemerintah dalam promosi teknologi informasi dan komunikasi serta kemudahan melindungi investor minoritas. Indeks Pengetahuan Global adalah inisiatif bersama antara Program Pembangunan PBB dan Yayasan Pengetahuan Mohammed Bin Rashid Al Maktoum Dubai. Ini dimaksudkan untuk menjadi alat bagi pembuat kebijakan, peneliti, dan sektor swasta.

Indeks ini didasarkan pada data lebih dari 30 database internasional termasuk UNESCO dan Bank Dunia yang kinerja pengetahuan negara di tujuh bidang, termasuk pendidikan tinggi, penelitian, pengembangan dan inovasi, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement