Sabtu 12 Dec 2020 10:26 WIB

Menjelajahi Ikon Kota Asal Sufi Jalaluddin Rumi (2-Habis)

Meski konservatif, Konya penuh dengan tempat yang luar biasa.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Lokasi Bazar Besar Konya di Turki. Lokasi ini salah satu area bersantai yang populer bagi turis.
Foto: Daily Sabah/Argun Konuk
Lokasi Bazar Besar Konya di Turki. Lokasi ini salah satu area bersantai yang populer bagi turis.

IHRAM.CO.ID, Kota Konya merupakan kota asal sufi besar Islam, Maulana Jalaluddin Rumi. Dengan populasi 2,2 juta jiwa, Konya adalah provinsi terpadat ketujuh di Turki dan yang terpadat kedua setelah Ankara di Anatolia tengah.

Konya memang dikenal sebagai kota yang agak konservatif, paling terkenal sebagai rumah Maulana Jalaluddin Rumi dan pusat tasawuf. Dilansir di Daily Sabah, Sabtu (12/12), menghabiskan tiga hari yang tak terlupakan di Konya dapat sedikit banyak menjelajahi kota yang penuh dengan tempat yang luar biasa ini.

Baca Juga

Penelusuran Daily Sabah dilakukan melalui gang-gang sempit kota yang indah dan menjelajahi masjid dan permata tersembunyinya yang terkenal di dunia. Sebagian besar pengunjung yang datang ke sini pun dengan antusias melihat para darwis yang berputar-putar dan mencoba beberapa masakan otentik Konya. Namun, ada lebih banyak hal di Konya, termasuk beberapa lokasi yang relatif baru dan mengejutkan yang kebanyakan turis tidak kenal.

Dengan waktu tiga hari sudah cukup untuk melihat sebagian besar tempat di Konya tengah. Dalam seri Konya ini, penjelajahan menyajikan kepada Anda rencana perjalanan tiga hari selama tiga pekan ke depan, memungkinkan Anda untuk mengalami Konya secara komprehensif.

Sahip Ata Külliye

Saat kunjungan Daily Sabah ke museum berakhir, penjaga keamanan menyarankan untuk tidak meninggalkan daerah tersebut tanpa melihat Sahip Ata Külliye, sebuah kompleks sosial keagamaan yang bersebelahan dengan museum. Meskipun telah melakukan pekerjaan rumah dengan benar dalam hal merancang rencana perjalanan, namun tempat yang direkomendasikan ini entah bagaimana lolos dari celah dan menarik minat untuk dicoba.

Seperti banyak bangunan keagamaan lainnya, kompleks ini memiliki gerbang yang sangat indah, dengan ukiran ornamen dan pola yang sangat cermat. Nama “Sâhip Ata Fahreddin Ali” banyak muncul di artikel ini. Itu milik seorang wazir Seljuk yang merupakan negarawan yang sangat menentukan, telah memainkan peran yang sangat penting dalam integritas Kekaisaran Seljuk selama invasi Mongol di Anatolia.

Pencapaiannya menambah daftar pencapaiannya adalah pembangunan kompleks religius-sosial ini, yang digunakan selama berabad-abad tidak hanya sebagai tempat peribadahan dan ajaran agama, tetapi juga sebagai tempat pertemuan sosial dan perdagangan. Itu termasuk bangunan seperti pemandian Turki, madrasah, kuil, hankah (tempat orang berkumpul untuk ceramah dan diskusi agama), dan air mancur yang indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement