Selasa 15 Dec 2020 03:00 WIB

Diet Vegan tak Terbukti Untungkan Golongan Darah Tertentu

Studi terbaru mengungkap tidak ada hubungan diet dan golongan darah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menjadi seorang vegan, atau orang yang memiliki pola makan tidak mengonsumsi semua produk hewan, ternyata tak menguntungkan golongan darah A.
Foto: Flickr
Menjadi seorang vegan, atau orang yang memiliki pola makan tidak mengonsumsi semua produk hewan, ternyata tak menguntungkan golongan darah A.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilik golongan darah A selama ini diyakini akan mendapatkan manfaat paling banyak dari diet vegan. Sebaliknya, pemilik golongan darah O disarankan untuk tidak menjalani diet vegan. Anggapan ini terbukti tidak tepat secara ilmiah.

Studi terbaru dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan diet dan golongan darah. Orang dengan berbagai golongan darah bisa merasakan manfaat yang sama dari diet vegan.

Baca Juga

Studi ini melibatkan 244 orang dewasa dari Washington DC. Mereka memiliki indeks massa tubuh (IMT) antara 28 sampai 40. Para partisipan tidak memiliki riwayat diabetes, penyalahgunaan obat, sedang hamil, atau sedang menyusui.

Para partisipan yang terlibat tidak menerapkan diet vegan sebelum studi dilakukan. Selama studi, setengah partisipan harus menjalani diet vegan rendah lemak yang ketat. Setengah lainnya tidak melakukan perubahan apa pun terhadap pola makan mereka. Hal ini berlangsung selama 16 pekan.

Partisipan yang tergabung dalam kelompok vegan mengikuti kelas mingguan mengenai informasi makanan dari tenaga kesehatan profesional. Mereka juga diminta untuk meneruskan kebiasaan berolahraga mereka.

Di awal studi, kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat pada pemilik golongan darah A tampak lebih tinggi dibandingkan pemilik golongan darah lain. Kadar kolesterol LDL dan berat badan tampak lebih rendah pada pemilik golongan darah O.

Setelah 16 pekan menjalani diet vegan rendah lemak, tak ada perbedaan mendasar terkait berat badan pada semua golongan darah. Pemilik golongan darah A rata-rata mengalami penurunan berat badan sebanyak 5,7 kilogram. Sedangkan rata-rata penurunan berat badan pada pemilik golongan darah O dan pemilik golongan darah lain adalah 7,1 kilogram dan 6,2 kilogram.

Penurunan kadar kolesterol LDL yang terjadi pun tidak menunjukkan perbedaan yang berarti pada tiap golongan darah. Pemilik golongan darah A rata-rata mengalami penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 17,2 mg/dl. Pemilik golongan darah O rata-rata mengalami penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 17,4 mg/dl, sedangkan pemilik golongan darah lain rata-rata mengalami penurunan sebesar 18,3 mg/dl.

Dengan kata lain, diet vegan rendah lemak dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Manfaat diet vegan ini bisa dirasakan secara sama pada semua golongan darah.

"Tak ada hubungan antara golongan darah dan hasil dari intervensi diet," jelas tim peneliti, seperti dilansir Medical News Today.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement