Selasa 15 Dec 2020 07:22 WIB

Kemarahan Muslim Srilanka Memuncak karena Kremasi Paksa

Jenazah Muslim korban Covid di Srilangka dikremasi.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Kemarahan Muslim Sri Lanka Memuncak Karena Kremasi Paksa.  Foto ilustrasi: Petugas menggunakan pakaian hazmat dan alat pelindung diri saat melakukan proses kremasi jenazah pasien COVID-19.
Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Kemarahan Muslim Sri Lanka Memuncak Karena Kremasi Paksa. Foto ilustrasi: Petugas menggunakan pakaian hazmat dan alat pelindung diri saat melakukan proses kremasi jenazah pasien COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID,KOLOMBO -- Kemarahan meningkat di Sri Lanka setelah setidaknya 15 korban virus corona Muslim, termasuk seorang bayi, dikremasi. Proses pemakaman kremasi ini tentu saja bertentangan dengan tradisi pemakaman Islam.

Otoritas kesehatan di Sri Lanka yang mayoritas beragama Buddha bersikeras semua korban meninggal akibat virus corona, tanpa terkecuali harus dikremasi. Bahkan jika mereka adalah Muslim, yang secara tradisional menguburkan jenazah mereka dengan menghadap kiblat.

Baca Juga

Ketika protes lokal dan internasional meningkat, negara tetangga Maladewa mengatakan sedang mempertimbangkan permintaan untuk menguburkan Muslim Sri Lanka di nusantara. Presiden Ibrahim Mohamed Solih berkonsultasi dengan para pejabatnya untuk "membantu Sri Lanka dalam memfasilitasi upacara pemakaman Islam di Maladewa bagi Muslim Sri Lanka yang menyerah pada pandemi COVID-19," ujar Menteri Luar Negeri Maladewa Abdulla Shaheed di tweeted, dilansir dari Kuwait Times, Selasa (15/12).

Organisasi Kerja Sama Islam yang beranggotakan 57 orang menyatakan keprihatinannya atas perintah kremasi. Mereka turut menyerukan, agar Muslim Sri Lanka diizinkan menguburkan anggota keluarga sesuai dengan keyakinan agamanya.

"Melawan praktik ini, yang dilarang dalam Islam, OKI menyerukan penghormatan pada upacara pemakaman dalam keyakinan Islam," katanya dalam sebuah pernyataan.

Perintah kremasi yang dikeluarkan pada bulan April lalu, datang di tengah kekhawatiran para biksu Budha yang khawatir jenazah dengan virus corona dapat mencemari air tanah dan menyebarkan virus.

Sejauh ini setidaknya ada 15 jenazah muslim, termasuk seorang bayi berusia 20 hari yang dikremasi. Banyak keluarga muslim yang mengatakan bahwa mereka diintimidasi agar menyetujui kremasi, tetapi ketika mereka berdiri tegak, pihak berwenang melakukan kremasi paksa tanpa partisipasi kerabat mana pun.

Gambar bayi Syekh yang sedang tidur telah menjadi simbol dari apa yang komunitas Muslim Sri Lanka serta moderat anggap perlakuan kejam dan tidak manusiawi terhadap para korban virus corona. Mantan legislator Muslim Ali Zahir Moulana turut mempertanyakan kremasi bayi.

“Saya sangat jijik dan patah hati! Berapa banyak lagi kekejaman dan kebiadaban yang harus kita tanggung ?! #StopForcedCremations,” kata Moulana di Twitter sambil membagikan foto bayi tersebut.

Selama akhir pekan, anggota masyarakat mengikat ribuan pita putih ke gerbang pemakaman yang menampung krematorium, yang disingkirkan pihak berwenang kemarin pagi. Ini menambah kekecewaan online. "Para hantu di Kanatte (kuburan) dalam semalam telah menghilangkan saputangan putih yang diikat untuk mengenang bayi yang dikremasi secara paksa melawan keinginan orang tua," kata mantan menteri luar negeri Mangala Samaraweera di Twitter.

Negara kepulauan itu telah mengalami lonjakan kasus COVID-19 sejak Oktober, dengan jumlah infeksi meningkat hampir 10 kali lipat menjadi total lebih dari 32.790 kasus dan 152 kematian. Menurut Dewan Muslim Sri Lanka, mayoritas korban virus corona di negara itu menganut Islam meskipun mereka hanya 10 persen dari 21 juta populasi.

Juru bicara dewan Hilmy Ahamed mengatakan Muslim takut mencari bantuan medis karena mereka tidak ingin dikremasi jika meninggal.

Organisasi Kesehatan Dunia juga mengatakan penguburan harus diizinkan jika dilakukan dengan tindakan pencegahan. Ada ketegangan yang sedang berlangsung antara Muslim dan mayoritas Sinhala, yang sebagian besar beragama Buddha, sejak pemboman Paskah 2019 yang mematikan yang dilakukan oleh para jihadis lokal. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement