Selasa 15 Dec 2020 10:05 WIB

Rasulullah Selalu Berziarah ke Makam Baqi

Allah memerintahkan kepada Rasulullah untuk menziarahi makam tersebut.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Rasulullah Selalu Berziarah ke Makam Baqi. Fajar yang terbit di atas cakrawala Madinah, terlihat dari Makam Baqi.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Rasulullah Selalu Berziarah ke Makam Baqi. Fajar yang terbit di atas cakrawala Madinah, terlihat dari Makam Baqi.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Baqi merupakan makam tertua di Madinah dan makam yang paling diistimewakan. Allah akan membangkitkan pertama orang yang dimakamkan di Baqi.

Abu Thalhah Muhammad Yunus Abdussttar dalal kitabnya "Kaifa Tastafidumi min al-Haramain asy-Syarifain Ayyuha az-Zair wa al-Muqim Ahwal an-Nabi fi al-Hajj" menuliskan bahwa Rasulullah SAW sering berziar ke Baqi pada gelapnya malam. Ziarahnya Rasulullah ke Baqi sempat diikuti oleh istrinya Aisyah.

Inilah kata Abu Thalhah di antara bentuk keistimewaan lainnya Baqi. Bahwa Allah memerintahkan kepada Rasulullah untuk menziarahi makam tersebut, dan meminta ampun kepada para penghuninya. 

Aisyah berkata, "tidak kalian ingin aku beritahu tentang diriku dan tentang Rasulullah?" 

Kami menjawab. "Tentu"

Ia berkata pada suatu malam ketika Rasulullah berada di rumahku, beliau langsung membaringkan badan. Beliau meletakkan surbannya dan menanggalkan alas kakinya. Beliau meletakkan keduanya di dekat kaki beliau.

Lalu beliau membentangkan ujung sarungnya di atas tempat tidur beliau, kemudian beliau tidur. Tidak lama kemudian beliau bangun, dan mengira aku telah tertidur nyenyak. Beliau lalu mengambil surbannya memakai alas kaki, dan membuka pintu semuanya dengan perlahan-lahan dan kemudian keluar rumah. "Diam-diam aku pun lu membuntutinya," katanya.

Aku kenakan kerudungku, setelah itu aku memakai penutup wajah dan aku kencangkan kain sarungku, setelah aku mengikuti langkah beliau hingga akhirnya beliau sampai ke pemakaman Baqi. Beliau melaksanakan salat cukup lama. Setelah beliau mengangkat kedua tangannya sebanyak 3 kali. 

Lalu beliau beranjak pergi. Seketika aku pun cepat-cepat pergi dari situ aku berusaha mempercepat langkah kaki beliau berlari kecil. Maka akupun berlari kecil ketika beliau sudah hampir sampai ke rumah,  aku berusaha sampai lebih dahulu hingga aku dapat menyusul beliau. 

"Aku langsung segera masuk."

Tidak ada yang aku lakukan selain langsung membaringkan diri. Beliau pun kemudian masuk dan bertanya.

"Ada apa denganmu Aisyah kamu terlihat gugup? 

Aisyah menjawab. "Tidak apa-apa."

Beliau. "Berkata beritahukanlah kepadaku, atau Allah yang Maha Penyayang dan Maha Mengetahui yang akan memberitahuku."

Aisyah berkata. 

"Ya Rasulullah demi ayah dan ibuku aku (Aisyah) pun memberitahu segala terjadi kepada beliau."

Beliau lalu berkata. "Jadi kamulah bayangan hitam yang ada di hadapanku itu?"

Aisyah menjawab. "Ya dalam dadaku timbul keinginan tahuan yang memaksaku untuk mencari tahu."

Beliau berkata. "Apakah kamu mengira bahwa Allah dan rasulnya yang hendak menyembunyikan hal itu darimu?"

 Aisyah menjawab. " Seperti apa pun manusia menutup-nutupi suatu, Allah pasti akan mengetahuinya."

Beliau berkata, "Sesungguhnya Jibril datang kepadaku ketika aku melihatnya. Dia memanggilku dan menyembunyikan dirinya dari dirimu setelah meletakkan pakaianmu. Aku pun mengira dirimu telah tertidur nyenyak. Aku tidak mau membangunkan tidurmu. Aku khawatir akan mengusik tidurmu." 

Jibril berkata kepadaku, "Sesungguhnya Allah memerintahkan kepadaku untuk mendatangi penghuni makam Baqi dan memintakan ampunan bagi mereka." 

Aisyah berkata apa yang harus aku ucapkan untuk mereka wahai Rasulullah. Beliau menjawab. 

"Ucapkanlah semoga kesejahteraan terlimpahkan kepada penghuni kubur kaum mukmin dan muslim ini. Semoga Allah melimpahkan rahmatnya kepada yang meninggal terlebih dahulu di antara kami. Ataupun yang akan meninggal belakang. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian dengan seizin Allah (HR.Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement