Selasa 15 Dec 2020 14:28 WIB

Deteksi Covid-19, 25 Kamera Dipasang di Masjidil Haram

Sebanyak 25 kamera dipasang di pintu masuk Masjidil Haram

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Esthi Maharani
Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)
Foto: republika
Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sejak umroh dibuka kembali, Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci telah memantau suhu sekitar 4 juta orang melalui kamera termal. Sebanyak 25 kamera dipasang di pintu masuk Masjidil Haram untuk mendeteksi jamaah yang demam untuk mencegah penyebaran penyakit virus Corona (Covid-19).

Lebih dari 100 karyawan telah dilatih untuk menggunakan kamera termal. Kamera ini dapat merekam suhu sejauh enam meter. Pengunjung juga disemprot dengan desinfektan di pintu masuk.

Kerajaan telah memperkenalkan langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang ketat untuk melindungi para jamaah. Untuk memastikan jarak sosial, kerajaan telah menetapkan jalur khusus bagi orang tua dan penyandang cacat untuk membantu mereka melakukan ibadah dengan aman.

Sistem dan filter AC menerima sembilan pembersihan setiap hari menggunakan teknologi sanitasi ultraviolet, dan lebih dari 200 perangkat pembersih tangan telah didistribusikan di sekitar masjid.

Pendingin air dan botol yang dapat digunakan kembali telah dilarang karena alasan kesehatan dan sebagai gantinya kepresidenan membagikan sejumlah botol air Zamzam kepada setiap jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement