Selasa 15 Dec 2020 15:05 WIB

14 Pasien Covid-19 Diisolasi di Asrama Haji Donohudan

Pasien Covid-19 di Asrama Haji Donohudan merupakan OTG.

Red: Ani Nursalikah
14 Pasien Covid-19 Diisolasi di Asrama Haji Donohudan. Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
14 Pasien Covid-19 Diisolasi di Asrama Haji Donohudan. Ilustrasi Covid-19

IHRAM.CO.ID, BOYOLALI -- Sebanyak 14 pasien dengan status orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 asal Solo masih menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Penanggung jawab isolasi mandiri Covid-19 di Asrama Haji Donohudan dokter Sigit Armunanto menjelaskan, jumlah pasien OTG Covid-19 yang masih menjalani isolasi menurun dibanding hari sebelumnya yang mencapai 33 orang.

Baca Juga

Sigit mengatakan pasien OTG Covid-19 yang menjalani isolasi di asrama haji, pada Senin (14/12) ada 33 pasien, namun setelah dilakukan evaluasi tes usap ulang hasilnya 28 pasien negatif dan dipulangkan ke daerahnya. "Kami langsung berkoordinasi dengan kabupaten dan kota daerah terkait untuk memulangkan mereka yang sudah dinyatakan sembuh dari hasil tes usap ulang," katanya.

Hal tersebut untuk mengomunikasikan dengan masyarakat di daerahnya melalui puskesmas supaya mereka tahu warga yang dipulangkan betul-betul sudah sehat. Tim tenaga kesehatan Asrama Haji Donohudan dari hasil tes usap, masih ada lima pasien yang positif Covid-19.

Mereka masih menjalani isolasi di asrama haji ini. Ada tambahan sembilan OTG sehingga totalnya menjadi 14 pasien Covid-19.

Menurut dokter Sigit, pasien yang diisolasi di Asrama Haji Donohudan, kondisinya sehat atau orang tanpa gejala (OTG). Tim tenaga kesehatan, selama melayani pasien OTG dengan cara mengajak bergembira dan kegiatan daring yang isinya saling berbagi.

"Jadi warga yang positif dan sudah sembuh dari Covid-19, mereka bisa berbagi pengalaman soal keluhan, saling menyemangati, dan sebagainya," katanya.

Selain itu, ia juga meningkatkan kekuatan jasmani pasiennya dengan mengajak olahraga senam secara rutin setiap pagi di asrama haji, mulai pukul 06.00 WIB. Bahkan, ia juga memberikan suplemen, seperti Vitamin C kepada pasien untuk diminum malam hari supaya daya tahan tubuh meningkat.

Pasien isolasi OTG Covid-19 di Asrama Haji Donohudan dari daerah eks Karesidenan Surakarta atau Soloraya. Namun, asrama haji ini, tidak menutup kemungkinan sepanjang direkomendasi pemerintah kabupaten dan kota, jika ada pasien yang transit sakit dari daerah lain bisa diterima.

"Kami mempersiapkan tim medis selama 24 jam di Asrama Haji Donohudan Boyolali sejak Ahad (6/12) hingga sekarang," katanya.

Pengelola dan tim medis di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, sebelumnya sudah siap menerima pasien atau warga orang tanpa gejala (OTG) yang akan menjalani isolasi Covid-19 hingga sembuh.

Menurut Kepala Unit Pengelola Asrama Haji Donohudan Boyolali Bambang Sumanto, sesuai arahan dari Gubernur Jateng bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dan Kepala Dinkes Solo Raya telah menyiapkan diri untuk mengamankan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk menjalani isolasi.

Asrama Haji Donohudan Boyolali pada musim haji memiliki 2.059 tempat tidur (bed), tetapi untuk isolasi warga yang Covid-19, harus menjaga jarak bisa menampung sekitar 872 orang. Setiap kamar ada 10 tempat tidur, tetapi saat isolasi hanya diisi empat tempat tidur.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement