Rabu 16 Dec 2020 00:15 WIB

Pemesan Ratusan Kg Ganja Modus Buah Kendondong, Ditangkap 

Ratusan kilogram ganja dari Mandailing Natal akan diedarkan di Jakarta.

Rep: Febryan. A/ Red: Agus Yulianto
Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar) menggagalkan upaya penyelundupan ratusan kilogram ganja di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.
Foto: Dok Polres Jakbar
Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar) menggagalkan upaya penyelundupan ratusan kilogram ganja di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar) berhasil meringkus empat orang pemesan ratusan kilogram ganja dengan modus pengiriman buah kedondong. Ganja yang diangkut dari Sumatera Utara itu hendak diedarkan di Jakarta. 

Kasat Narkoba Polres Jakbar Kompol Ronaldo Maradona Siregar, mengatakan, jajarannya berhasil meringkus empat pemesan itu usai menginterogasi dua kurir yang sebelumnya ditangkap. Dari keterangan keduanya, diketahui para pemesan itu berada di Ciputat, Tangerang Selatan. 

"Empat tersangka lain itu berinisial MS, SA, SD dan MO. Mereka ini yang memesan barang haram ratusan kilogram ganja itu," ujar Ronaldo Selasa (15/12). 

Tersangka MO, kayat Ronaldo, tak hanya berperan sebagai pemesan, tapi juga sebagai pengendali. MO mengatur pengiriman dan jalur yang dilintasi oleh truk pengangkut keranjang ganja. 

Rencananya, ratusan kilogram ganja sebanyak itu akan diedarkan oleh para tersangka di wilayah hukum Polda Metro Jaya. "Kami masih terus kembangkan kasus ini. Untuk lebih jelasnya akan kami sampaikan dalam waktu dekat ini," kata Ronaldo. 

Sebelumnya, Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakbar menggagalkan upaya penyelundupan ratusan kilogram ganja menggunakan sebuah truk di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Rabu, 9 Desember 2020. Dua orang yang membawa ganja itu, NG (29 tahun) dan IP (25), ditangkap. 

Ronalado menjelaskan, ratusan kilogram ganja dari Mandailing Natal, Sumatera Utara itu dibawa dengan modus pengiriman buah kedondong. "Jadi pelaku ini menaruh ganja di tengah-tengah buah kedongdong (atas kedondong, tengah ganja, bawah kedondong)," ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement