Rabu 16 Dec 2020 11:15 WIB

Pengerjaan Lima Menara Masjidil Haram Hampir Selesai

Separuh Pengerjaan Lima Menara Masjidil Haram Hampir Selesai.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Pengerjaan Lima Menara Masjidil Haram Hampir Selesai. Foto: Suasana shalat di Masjidil Haram saat  Subuh di tengah pandemi Covid-19.
Foto: Saudigazette
Pengerjaan Lima Menara Masjidil Haram Hampir Selesai. Foto: Suasana shalat di Masjidil Haram saat Subuh di tengah pandemi Covid-19.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci mengungkapkan hampir setengah dari pekerjaan pembangunan lima menara Masjidil Haram di Makkah telah selesai. Pembangunan menara masjid dilakukan sebagai bagian dari tahap akhir perluasan Masjidil Haram, terbesar yang pernah ada.

Lebih dari 45 persen pekerjaan konstruksi dua menara Gerbang Raja Abdulaziz, gerbang utama Masjidil Haram, telah selesai. Sementara itu, dua menara Gerbang Umrah dan satu menara Gerbang Al-Fatah telah selesai selama periode penangguhan umrah dan sholat di Masjidil Haram setelah wabah virus corona.

Baca Juga

Direktur Jenderal Departemen Umum Proyek di kepresidenan, Eng. Ammar Al-Ahmadi, mengatakan badan studi proyek dan teknik di kepresidenan, diwakili oleh Departemen Umum Proyek, telah memperkuat sistem inspeksi lapangan konstruksi. Mereka bekerja dengan memanfaatkan rendahnya jumlah jamaah shalat maupun umrah selama periode pandemi.

“Persentase penyelesaian pekerjaan konstruksi di dua menara Gerbang Raja Abdulaziz mencapai 45,15 persen, penyelesaian pekerjaan marmer pilar dan dinding mencapai 90 persen dan pemasangan atap gerbangnya mencapai 80 persen. Soal menara Umroh, persentase penyelesaiannya 42,38 persen," ujarnya dilansir di Saudi Gazette, Rabu (16/12).

Tak hanya itu, ia menyebut pemasangan tiang bundar dan persegi mencapai 15 persen. Pekerjaan finishing marbling pilar dan dinding mencapai 40 persen, sementara pekerjaan Al- Menara Fatah Gate telah mencapai 37,12 persen.

Al-Ahmadi mengatakan, pihaknya memanfaatkan rendahnya jumlah jamaah selama masa penangguhan umrah dalam mengawasi sejumlah proyek secara bersamaan. Yang paling menonjol adalah atap gedung mataf dengan penyelesaian sebanyak 43 persen, lantai dasar 20 persen, dan lantai satu empat persen.

Pekerjaan konstruksi di Ismail Gate mencapai 36,4 persen pada fasad selatan, dimana pemasangan beton pracetak mencapai 100 persen. Pekerjaan fasad marmer mencapai 25 persen sedangkan pekerjaan konstruksi pada fasad utara diselesaikan 36,74 persen dengan pemasangan beton pracetak dan marmer. Pekerjaan fasad masing-masing mencapai 100 persen dan 40 persen. 

sumber : saudigazette.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement