Rabu 16 Dec 2020 20:18 WIB

Masjid Tertua Abad VIII di Rusia akan Dipugar

Masjid tertua abad VII di Rusia akan dipugar pada 2022

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid tertua abad VII di Rusia akan dipugar pada 2022. Bendera Rusia
Foto: forbes.com
Masjid tertua abad VII di Rusia akan dipugar pada 2022. Bendera Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW— Pemugaran Masjid Juma yang berasal dari abad VIII di kota tertua Dagestan Derbent, Rusia direncanakan selesai pada 2022. Masjid tersebut merupakan masjid tertua di negeri asal beruang putih itu. .

Direktur Derbent Museum-Reserve, Viktor Chesnokov  mengatakan saat ini pemugaran sedang berlangsung. Pemugaran masjid dimulai pada 2019. Menurut badan tersebut, jumlah dana untuk pekerjaan itu lebih dari 300 juta rubel atau Rp 57 miliar rebih.  

Baca Juga

“Kami harapkan pengerjaan selesai pada 2022. Proses pemugaran sedang berlangsung. Pekerjaan akan dilakukan perusahaan profesional dari Tatarstan, semuanya dilakukan dengan sangat hati-hati,” kata Chesnokov. 

Pada gilirannya, kepala perusahaan restorasi, Yuri Yegorushkin, mencatat bahwa selama pengerjaan, sejumlah fitur bangunan diidentifikasi dan memerlukan revisi dokumentasi desain. 

“Secara khusus, saat kami memperkuat kubah lengkung, kami menemukan pasangan bata Suriah yang tidak biasa, yang tidak khas Dagestan dan Kaukasus Utara. Saat membongkarnya, kami menemukan bahwa pengisian internal ruang ini membutuhkan batu bata dengan ukuran dan properti yang berbeda, jadi kami harus membawanya dari salah satu pabrik di Tula, dan, tentu saja, itu memakan waktu,” kata Yegorushkin.

Sumber:  https://en.abna24.com/news//russias-oldest-viii-century-mosque-to-be-restored-by-2022_1096224.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement