Kamis 17 Dec 2020 12:54 WIB

Pameran Digital Turki Hormati Ahli Kaligrafi Ottoman

Mustafa Izzet Efendi salah satu ahli kaligrafi terhebat di Kekaisaran Ottoman.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
 Turki mengadakan pameran digital untuk memperingati Kazasker atau hakim ketua, Mustafa Izzet Efendi.
Foto: Daily Sabah
Turki mengadakan pameran digital untuk memperingati Kazasker atau hakim ketua, Mustafa Izzet Efendi.

IHRAM.CO.ID, ISTANBUL – Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki mengadakan pameran digital untuk memperingati Kazasker atau hakim ketua, Mustafa Izzet Efendi. Ia dikenal sebagai salah satu ahli kaligrafi terhebat di Kekaisaran Ottoman.

Pameran Digital Kazasker Mustafa Izzet yang merupakan bagian dari proyek Seni dan Budaya 360 di Kampus Sultanahmet Universitas Marmara dapat dikunjungi dari pukul 10 pagi sampai 16.00 waktu setempat pada hari kerja. Pameran ini berlangsung sampai tanggal 31 Desember 2020.

Para pengunjung akan melihat karya Kazasker Mustafa Izzet Efendi sebagai pelopor seni kaligrafi skrip thuluth dan naskh melalui proyektor khusus dan hologram 3D. Direktur Kantor Provinsi Istanbul dari Direktorat Komunikasi Mesut Onat mengatakan melalui pameran proyek 360 Seni dan Budaya, Direktorat Komunikasi mencerminkan kekayaan nasional, yakni sejarah dan budaya Turki dengan teknologi terbaru.

Dia menambahkan pameran terbaru direktorat menyoroti Kazasker Mustafa Izzet Efendi yang prasasti kaligrafinya ditampilkan di seluruh dunia. Karyanya mulai dari piring berukuran 7,5 meter atau 24,6 kaki di Masjid Agung Hagia Sophia hingga prasasti Ottoman di Monumen Washington.

"Kami mempertemukan pecinta seni dengan pameran yang menampilkan hampir 60 karyanya. Kami telah menggunakan teknologi peta, hologram, dan sistem digital secara maksimal. Selain visual kekayaan, kita juga akan memiliki kesempatan untuk mendengarkan ayat-ayat dari na'ats Mustafa Izzet Efendi (puisi memuji Nabi Muhammad)," kata Onat, dilansir Daily Sabah, Kamis (17/12).

Kaligrafi yang terdapat di gerbang Universitas Istanbul juga merupakan karya Mustafa Izzet Efendi.  Bahkan, banyak font komputer terinspirasi oleh tulisannya.

"Jadi, kami merasa perlu untuk mempertemukan penampilan artistik Mustafa İzzet Efendi ini dengan seluruh karyawan kami," ujar dia.

Sebelum memasuki pameran, para pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya dahulu. Mereka harus menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak guna mencegah virus korona.

Kazasker Mustafa Izzet Efendi lahir di Tosya, Kastamonu pada tahun 1801. Dia adalah salah satu perwakilan paling terkemuka dari kaligrafi yang karyanya telah melampaui batas negara. Dia menulis 11 mushaf (salinan tertulis Alquran), lebih dari 250 hilyas (seni dekoratif), dan muraqqas (album lukisan miniatur Islam dan contoh kaligrafi Islam) selama hidupnya. Karena karyanya yang begitu banyak, dia mendapat reputasi sebagai salah satu yang paling tokoh yang dihormati dalam seni Ottoman.

Salah satu karya terpentingnya adalah plat kembar dan surat An-Nur dengan 64 ayat yang dia tulis di kubah Masjid Agung Hagia Sophia selama restorasi pada tahun 1848 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement