Kamis 17 Dec 2020 15:59 WIB

Enam Puskesmas di Makassar Tutup Akibat Staf Positif Covid

Enam dari 47 Puskesmas di Makassar tutup sementara akibat staf positif Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mengakui ada enam di antara 47 puskesmas di daerah itu ditutup sementara waktu. Penutupan dilakukan untuk sterilisasi guna mencegah penyebaran Covid-19 menyusul 10 tenaga kesehatan positif virus corona jenis baru itu.

"Hal ini menyusul adanya 10 tenaga kesehatan yang ada di puskesmas itu dinyatakan positif Covid-19," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Agus Djaja Said di Makassar, Kamis.

Baca Juga

Ia enggan menyebut enam puskesmas yang ditutup sementara waktu. Akan tetapi keputusan itu sebagai upaya cepat untuk memutus mata rantai penyebaran virus di daerah setempat.

Upaya pencegahan lain yang dilakukan Dinkes adalah menyemprotkan cairan disinfektan untuk menjamin pelayanan kesehatan nantinya terbebas dari ancaman penularan virus. “Memang ada 10 tenaga medis yang terinfeksi Covid-19. Mereka bekerja di enam puskesmas, jadi kita tutup sementara untuk penyemprotan disinfektan,” terang Agus.

Ia mengatakan sejumlah tenaga medis yang dinyatakan positif telah menjalani isolasi mandiri. Karena kalau akan dikarantina di hotel dan rumah sakit, semuanya sudah penuh.

Khusus pelayanan di enam puskesmas yang ditutup itu menurutnya dalam waktu dekat jika sudah terkendali, maka akan dibuka kembali. "Karena itu, semuanya harus menerapkan protokol kesehatan pada saat di keramaian maupun di rumah jika ada anggota keluarga yang sakit," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement