Kamis 17 Dec 2020 19:39 WIB

Wiku: Pemerintah tak Buru-buru Jalankan Vaksinasi

Pelaksanaan vaksinasi tetap akan dilakukan sesuai tahapan-tahapan pengembangan vaksin

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: Foto: Lukas - Sekretariat Presiden
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pemerintah tidak akan terburu-buru menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. Meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah menegaskan vaksin Covid-19 akan diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, tapi pelaksanaannya tetap akan dilakukan sesuai tahapan-tahapan pengembangan vaksin.  

“Program vaksinasi akan diselenggarakan secara bertanggung jawab dan tetap mematuhi tahapan-tahapan pengembangan vaksin, sehingga nantinya vaksin yang digunakan itu betul-betul aman dan berkhasiat bagi masyarakat,” ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Kamis (17/12).

Wiku mengatakan, pemberian vaksin gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia ini merupakan langkah penting untuk memberikan perlindungan dan mencapai kekebalan kolektif. Ia pun memastikan, vaksin yang akan digunakan dalam program ini merupakan vaksin yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.

“Semua instansi, pemerintah pusat dan daerah juga perlu menindaklanjuti program vaksinasi agar menjadi program prioritas sehingga program dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Wiku menjelaskan, vaksin merupakan perisai untuk memperkuat pencegahan penularan Covid-19 setelah menjalankan disiplin protokol kesehatan. Pengembangan vaksin dalam waktu yang sangat singkat inipun merupakan tantangan yang sangat besar.

Setelah berhasil dikembangkan, pemerintah juga masih menghadapi tantangan besar lainnya yakni memastikan seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan akses terhadap vaksin Covid-19. Wiku mengatakan, pemberian vaksin secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia ini juga dapat berkontribusi dalam menciptakan kekebalan komunitas secara global.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement