Jumat 18 Dec 2020 16:01 WIB

Alumni Petugas Haji Sulteng Gaet Radio Latih Manasik

Alumni petugas haji Sulteng gaet radio lokal latih manasik haji

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Alumni petugas haji Sulteng gaet radio lokal latih manasik haji. Ilustrasi manasik
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Alumni petugas haji Sulteng gaet radio lokal latih manasik haji. Ilustrasi manasik

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Sulawesi Tengah menggandeng Radio Alkhairaat Palu sebagai media untuk memberikan bimbingan menasik dan dakwah haji kepada jamaah haji. 

Ketua PW FKAPHI Sulawesi Tengah, Lutfi Yunus, mengatakan kegiatan yang dilakukannya itu merupakan bagian dari perwujudan manasik haji sepanjang tahun dan dakwah haji. Hal tersebut bisa diikuti setiap pemilik nomor porsi haji. 

Baca Juga

Menurut Lutfi, media radio dirasa sangat efektif dalam memberikan menasik dan dakwah haji dimasa pandemi. Saat ini, penerapan protokol kesehatan harus dilakukan dengan ketat, antara lain menjaga jarak dan menghindari kerumunan massa. 

Sebagai salah satu pilar penyelenggaraan haji, Lutfi menyebut alumni petugas haji juga memiliki tanggung jawab. Alumni bertugas membantu negara mensukseskan komunikasi informasi dan edukasi di tengah-tengah jamaah, sehingga nantinya mereka memiliki bekal yang cukup dalam perjalanannya hajinya.  

“Dari pengalaman alumni petugas haji yang sudah berangkat ke sana, itu bisa disampaikan materi tentang isthitaah perjalanan. Dengan demikian wawasan jamaah bisa semakin bertambah dan semakin siap," kata dia dalam keterangan yang didapat ihram.co.id, Jumat (18/12). 

Pria yang juga menjabat sebagai Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sulteng ini menyebut dengan adanya manasik sepanjang tahun, dapat mewujudkan jamaah haji yang mandiri dan memiliki ketahanan yang kuat. Hal tersebut sesuai dengan amanah UU nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. 

Kegiatan manasik dan dakwah ini dihadiri unsur jamaah haji, juga disambut dengan hangat oleh pemerintah daerah, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah (KBIHU), perusahaan penyelenggara perjalanan haji dan umrah, penyuluh KUA (Kantor Urusan Agama), tokoh masyarakat, alumni petugas haji, dinas kesehatan dan ormas Islam di Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Isu tentang kepastian penyelenggaraan haji di tengah-tengah wabah virus Covid-19, terus menghantui setiap benak jamaah haji. Terutama, bagi jamaah haji yang tahun ini tertunda keberangkatannya. 

Oleh sebab itu, untuk membantu mengurangi distorsi informasi atas tertundanya keberangkatan jamaah terus dilakukan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia di berbagai daerah. FKAPI disebut terus melakukan terobosan-terobosan dan memberikan edukasi terbaru terkait kesiapan penyelenggaraan haji di 2021 mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement