Sabtu 19 Dec 2020 05:20 WIB

Masjid di Inggris Kumpulkan Makanan untuk Bank Makanan

Masjid Rochdale meminta anggotanya untuk mengumpulkan makanan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Masjid di  Inggris / Ilustrasi
Foto: muslimsinbritain
Masjid di Inggris / Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, ROCHDALE--Ketika masjid ditutup karena pandemi, sebuah masjid Rochdale meminta anggotanya untuk mengumpulkan makanan di rumah mereka untuk dibagikan di bank makanan. Hal ini dilakukan Masjid Jalalia Jaame di Rochdale yang menyelenggarakan acara food drive untuk memastikan mereka yang kurang beruntung tidak kelaparan di musim dingin.

Puluhan keluarga Muslim dan 80 siswa dari Akademi Islam Rochdale menanggapi seruan masjid tersebut. Mereka mengumpulkan makanan antara 18 November dan 6 Desember.

“Kami mengikuti ajaran Nabi SAW yang mengajarkan bahwa bukan orang beriman yang perutnya terisi sementara tetangganya kelaparan',” kata Imam Masjid, Nozrul Islam, yang menghabiskan paginya untuk mengantarkan makanan kepada bank makanan dilansir dari About Islam, Kamis (17/12).

Donasi disortir dan didistribusikan ke Rochdale Foodbank, badan amal tunawisma Petrus, dan UKeff (UK Education & Faith Foundation) yang berbasis di Oldham.

Menolong Orang

Sukarelawan Sabbir Ahmed  (27 TAHUN) yang juga mengumpulkan banyak makanan,  percaya tindakan ini sepadan dengan usaha.

“Sejak lock down pada bulan Maret, masjid meluncurkan layanan dukungan Covid-19 dan saat itulah kami menyadari betapa banyak orang yang berjuang di kota kami sendiri. Karena pandemi yang terjadi saat ini, telah terjadi peningkatan pengangguran yang sangat besar yang berarti bahwa permintaan bank makanan di kota kita juga meningkat, ”katanya.

“Saya telah melihat secara langsung perjuangan yang dialami orang-orang yang tidak punya pekerjaan. Ada begitu banyak orang yang berjuang untuk menyediakan makanan di atas meja. Ini akan membantu banyak orang dan semoga terus berlanjut,”tuturnya.

Setiap tahun, musim dingin adalah waktu yang sulit bagi para tunawisma dan orang yang sulit tidur. Tahun ini, perjuangan itu semakin parah akibat pandemi virus corona.

Dalam ajaran Islam, Zakat atau sedekah merupakan kewajiban agama bagi seluruh umat Islam yang memenuhi kriteria kekayaan. Ini adalah sumbangan amal wajib, hak orang miskin untuk mendapatkan bantuan dari orang kaya. Selain zakat wajib, Syariah Islam juga mendorong pemberian dalam bentuk amal opsional, yang disebut shadaqah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement