Selasa 22 Dec 2020 19:53 WIB

Risma akan Fokus Pemberdayaan Anak Telantar dan Fakir Miskin

Kemensos akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ani Nursalikah
Risma akan Fokus Pemberdayaan Anak Telantar dan Fakir Miskin. Tri Rismaharini
Foto: Republika/ Wihdan
Risma akan Fokus Pemberdayaan Anak Telantar dan Fakir Miskin. Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Tri Rismaharini untuk mengisi jabatan menteri sosial menggantikan Juliari Batubara. Usai pengumuman perombakan Kabinet Indonesia Maju, Risma menyampaikan dirinya akan menjalankan program pemberdayaan masyarakat dengan memfokuskan perhatiannya pada anak-anak telantar dan fakir miskin.

“Sebagaimana diamanatkan di UU bahwa pertama adalah kemanusiaan, keadilan, dan fakir miskin itu dan anak-anak terlantar itu di bawah tanggungan pemerintah. Karena itu, kami akan perhatian terutama terhadap anak-anak terlantar, fakir miskin, itu yang akan kami prioritaskan untuk program pemberdayaan,” ujar Risma usai pengumuman nama-nama menteri baru di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12).

Baca Juga

Risma berharap, melalui program pemberdayaan ini, seluruh anak-anak di Indonesia dapat melakukan berbagai hal yang berguna dan bermanfaat, termasuk anak-anak disabilitas dan anak jalanan. Ia menegaskan, pemerintah ingin seluruh anak-anak mendapatkan hak yang sama seperti akses pendidikan dan kesehatan.

Untuk menjalankan program tersebut, nantinya Kemensos akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. Risma mengatakan kementeriannya juga akan menjalankan program pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi angka kemiskinan penduduk melalui kerja sama dengan sejumlah kementerian, seperti Kementerian Koperasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan sebagainya.

“Karena kami akan memberdayakan, kalau suaminya sudah bekerja namun kondisinya dia masih butuh bantuan atau miskin, maka kami akan melibatkan mesin yang kedua yaitu kaum ibu-ibunya,” kata dia.

Nantinya, ia akan membentuk koperasi di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement