Rabu 23 Dec 2020 09:55 WIB

Dante Saksono, Ahli Molekular Diabetes yang Jadi Wamenkes

Dante Saksono memiliki kiprah yang mumpuni dalam kesehatan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden Joko Widodo (berdiri) didampingi Wapres Ma
Foto: LAILY RACHEV/SETPRES/ANTARA
Presiden Joko Widodo (berdiri) didampingi Wapres Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo telah menunjuk jajaran menteri baru. Budi Gunadi Sadikin menduduki posisi sebagai Menteri Kesehatan. Meskipun Menteri Kesehatan bukan berasal dari latar belakang medis, namun wakilnya memiliki kiprah yang mumpuni dalam kesehatan.

dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, PhD merupakan salah satu spesialis endokrinologi dan ahli molekular diabetes pertama di Indonesia. Dia tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dan Kolegium Persatuan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).

Baca Juga

Pria berusia 47 tahun ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1997. Ia kembali melanjutkan pendidikan kedokterannya di bidang spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia hingga lulus pada tahun 2004 sebagai dokter spesialis penyakit dalam.

Pendidikan lanjutan kembali ia tekuni di jenjang S3 dengan mengambil Ph.D di bidang Molecular Diabetes, University of Yamanashi dan lulus pada tahun 2008.

Ayah dari dua orang anak ini memiliki karier panjang di dunia kedokteran atau medis dengan mengisi beberapa jabatan. Jabatan tersebut antara lain Ketua Divisi Metabolik Endokrin FKUI, Kepala Pusat Diabetes di Paviliun Kencana FKUI, Dokter spesialis di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Dokter spesialis di RS Royal Progress Sunter dan Dokter spesialis di RS MMC Kuningan.

Dante juga menjabat sebagai Komisaris Pertamina Bina Medika yang merupakan Holding Rumah Sakit BUMN. Pria kelahiran Temanggung ini aktif dalam beberapa organisasi antara lain menjadi pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI), dipercaya sebagai Wakil Ketua. Dia juga sebagai Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan Ketua Perhimpunan Endokrinologi Indonesia – Jakarta Rata (PERKENI JAYA).

Penghargaan yang pernah didapat dr Dante antara lain Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan pada tahun 2013 dan Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Japan pada tahun 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement