Rabu 23 Dec 2020 10:01 WIB

Studi: Diskusi Jadi Cara Simpel Turunkan Berat Badan

Mendiskusikan progres penurunan berat badan bisa menjadi motivasi yang dibutuhkan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu hal termudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mendiskusikannya.
Foto: www.freepik.com
Salah satu hal termudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mendiskusikannya.

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA --  Umumnya, ada banyak sekali tantangan ketika ingin memulai kebiasaan hidup sehat. Tidak ada motivasi, kelelahan, tergoda oleh makanan, dan lain sebagainya. Namun sebuah studi baru mengatakan bahwa salah satu hal termudah yang bisa dilakukan adalah dengan membicarakannya.

Sebanyak 87 peserta dalam penelitian Universitas Drexel yang diterbitkan di jurnal Obesity pada Oktober ditugaskan untuk memakai smartwatch Fitbit. Mereka kemudian diminta mengukur aktivitas diri sendiri dan mencatat asupan makanan mereka di aplikasi selama periode 12 bulan. Tujuannya adalah untuk melihat apakah tingkat kontak dan informasi yang dibagikan dengan orang lain memengaruhi kesehatan mereka.

Selama tiga bulan pertama, masing-masing juga berpartisipasi dalam sesi kelompok mingguan untuk belajar keterampilan perilaku. Setelah itu semua peserta hanya melakukan kontak dengan pelatih mereka melalui satu SMS dalam sepekan dan satu panggilan telepon dalam sebulan. Pelatih juga dapat melihat sebagian data peserta dan membuat pesan berdasarkan informasi tersebut.

Tim tertarik untuk melihat apakah penurunan berat badan akan lebih baik ketika pelatih dapat melihat data dan memberikan umpan balik serta rasa tanggung jawab kepada peserta. "Itu mungkin membantu mempertahankan tingkat motivasi yang tinggi untuk menjaga perilaku makan yang sehat dan aktivitas fisik," kata penulis utama studi dan profesor di Drexel University, Meghan Butryn, seperti dilansir di laman Eat This pada Rabu (23/12).

Studi tersebut menemukan bahwa peserta yang datanya dibagikan dengan pelatih mampu menurunkan berat badan. Sementara mereka yang datanya bersifat pribadi, mengalami penambahan berat badan sekitar empat pon setelah berminggu-minggu tanpa sesi kelompok.

Tentu saja, lebih banyak penelitian perlu dilakukan. Tetapi studi ini menunjukkan bahwa mendiskusikan dan membicarakan progres penurunan berat badan dengan dokter, pelatih, ahli diet, atau bahkan teman dan keluarga bisa menjadi motivasi yang dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement