Rabu 23 Dec 2020 10:35 WIB

Perancang Pintu Ka'bah Meninggal Dunia

Perancang Pintu Ka'bah Meninggal Dunia.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Perancang Pintu Ka'bah Meninggal Dunia. Foto:    Inilah sisi pintu Kabah dengan kiswahnya.
Foto: Republika/Priyantono Oemar
Perancang Pintu Ka'bah Meninggal Dunia. Foto: Inilah sisi pintu Kabah dengan kiswahnya.

IHRAM.CO.ID,DUBAI--Insinyur Suriah yang merancang pintu Ka'bah pada masa pemerintahan Raja Khalid bin Abdul Aziz, Muneer Sarri Al Jundi dikabarkan meninggal di Stuttgart, Jerman Selatan, Sabtu (19/12).

Karya Al Jundi, dalam mendesain pintu Ka'bah yang hingga kini terpasang apik di tengah Masjidil Haram Mekkah selalu mengundang decak kagum bagi siapapun yang melihatnya. Desain pintu yang terbuat dari 280 kilogram emas murni itu sukses merepresentasikan keahlian Al Jundi yang luar biasa.

Baca Juga

Kisah pintu yang dipasang sejak 1978 itu dimulai pada 1976, ketika almarhum Raja Khalid melakukan sholat di Masjidil Haram. Setelah itu ia menugaskan Al Jundi untuk merancang pintu Ka'bah dan mengarahkannya agar terbuat dari emas murni. Pintunya dirancang oleh Al Jundi akhirnya diproduksi di pabrik Syekh Mahmoud Badr, salah satu pandai emas besar di Mekkah saat itu.

Insinyur Al Jundi juga mendapat kehormatan karena namanya tertulis di pintu Ka'bah sebagai seorang desainer. Pintu itu memiliki tinggi tiga meter, lebar dua meter, dan dalamnya setengah meter. Terdiri dari dua kemudi dan alasnya terbuat dari kayu Maca Moong Thailand, kayu termahal di dunia, dengan garis-garis yang terukir di pintu dibuat oleh Syekh Abdul Rahim Bukhari.

sumber : Gulf News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement