Kamis 24 Dec 2020 19:25 WIB

Terminal Leuwipanjang Sediakan 700 Tes Cepat Antigen Gratis

Para calon penumpang juga diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terminal Leuwipanjang Sediakan 700 Tes Cepat Antigen Gratis (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Terminal Leuwipanjang Sediakan 700 Tes Cepat Antigen Gratis (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BANDUNG -- Terminal Leuwipanjang Kota Bandung menyediakan 700 alat tes cepat usap antigen gratis untuk calon penumpang maupun sopir dan kernet bus yang beroperasi di terminal itu.

Kepala Terminal Leuwipanjang Asep Hidayat mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung melaksanakan tes cepat antigen yang diprioritaskan untuk penumpang tujuan Jakarta atau wilayah lainnya yang mewajibkan membawa hasil tes cepat antigen.

"Dengan target 70 orang per hari dalam 10 hari maka ada 700 orang yang melakukan rapid test antigen," kata Asep di Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/12).

Menurutnya, di terminal tersebut pihaknya juga menyediakan ruang isolasi guna menangani apabila ada orang yang terindikasi terinfeksi COVID-19 berdasarkan tes cepat antigen itu.

Meski menyedakan tes cepat, dia memastikan para calon penumpang juga diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat. Di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun.Di Terminal Leuwipanjang sendiri, dia mengatakan ada sekitar 250 hingga 300 bus yang beroperasi. Angka tersebut menurun dari biasanya, karena pada kondisi normal ada hingga 350 lebih bus yang beroperasi.

Jurusannya pun beragam, mulai dari antarkota dalam provinsi (AKDP) hingga antarkota antarprovinsi (AKAP). Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, bus diperbolehkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB.Ia mengimbau kepada masyarakat calon penumpang bus agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sebelum perjalanan.

Menurutnya, masih banyak ditemukan warga yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker dengan benar, ataupun tidak menjaga jarak di dalam bus."Wajib pakai masker, jaga jarak tempat duduk agar berselang-seling, tidak banyak bicara dalam bis, banyak cuci tangan atau pakai hand sanitizer," kata Asep.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement