Para Diplomat Rayakan Natal di Arab Saudi

Jumat , 25 Dec 2020, 15:56 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Muhammad Hafil
Para Diplomat Rayakan Natal di Arab Saudi. Foto: ilustrasi pohon natal
Para Diplomat Rayakan Natal di Arab Saudi. Foto: ilustrasi pohon natal

IHRAM.CO.ID, RIYADH --  Banyak para diplomat yang terpaksa merayakan Hari Natal 2020 di Arab Saudi dengan menghias pohon-pohon Natal beserta lampu yang menyala-nyala. Karena, Arab Saudi pada awal pekan ini telah menutup semua jalur penerbangan.

 

Terkait

Duta besar Prancis, Ludovic Pouilles mislanya, terpaksa merayakan Natal tahun ini di Riyadh. Karena, menurut dia, hal terpenting saat ini adalah menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga

“Kita tidak boleh melupakan semua orang yang akan tetap jauh dari keluarga mereka sebagai akibat dari tindakan ini,” ujarnya dilansir dari Arabnews, Jum’at (25/12).

Natal bagi mereka yang merayakannya adalah momentum untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Diplomat dari Kedutaan Besar Kerajaan Denmark di Riyadh, Michael Jensen mengatakan, salah satu tradisi untuk merayakan Natal di Denmark adalah menghias pohon Natal.

“Itu adalah sesuatu yang didekorasi selama bulan Desember dan merupakan sesuatu yang dapat dikumpulkan oleh seluruh keluarga mulai dari anak-anak yang sangat kecil hingga anggota keluarga tertua dapat menikmati dekorasi pohon, ” katanya sambil berdiri di depan pohon Natal yang dihiasnya.

Musik juga merupakan bagian dari perayaan Natal. Duta Besar Siprus, Stavros Avgoustides mengatakan, momentum Natal hampir mirip dengan bulan Ramadhan yang disambut umat Islam.

“Ini adalah lagu tentang menyapa dan menyambut orang-orang ke rumah kita. Ini mirip dengan bulan suci Ramadhan, di mana kami berbagi waktu dengan keluarga, bertukar hadiah, dan mengadakan pertemuan besar,” jelasnya.

Tahun ini Stavro dan keluarganya terpaksa merayakan Natal di Riyadh karena adanya pandemi Covid-19. Menurut dia, ini merupakan tahun yang sangat sulit bagi semua orang. “Saya ingin menyampaikan salam dan harapan tulus kami kepada orang-orang Arab Saudi dan di seluruh dunia untuk tahun baru yang penuh dengan kesehatan, keamanan, keselamatan, dan kemakmuran yang baik,” ucapnya.

Duta Besar Belgia, Dominique Minuer mengucapkan selamat kepada semua orang karena telah melakukan yang terbaik untuk mematuhi langkah-langkah kesehatan tahun ini dan melindungi mereka yang paling rentan terhadap virus.

“Yang langsung terlintas di benak saya adalah menghargai keluarga dan teman-teman bahkan pada saat-saat di mana jarak sosial sangat sulit. Banyak sekali cara untuk mengungkapkan cinta atau penghargaan kami, untuk mengucapkan terima kasih, ”ujarnya.

Duta besar Uni Eropa, Patrick Simonnet  yang baru bertugas di Arab Saudi juga memilih merayakan Natal tahun ini bersama keluarganya di Jeddah. “Jeddah adalah kota yang indah dan kami sangat senang berada di sini. Kami sempat kesulitan mencari pohon natal tapi akhirnya kami menemukannya. Jadi, kami ingin, keluarga saya dan saya sendiri, mengucapkan selamat Natal kepada semua orang yang merayakan Natal di Arab Saudi,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini