Jumat 25 Dec 2020 21:53 WIB

Janji Pendidikan Yang Wajib Dijalankan Pemerintah

Janji Pendidikan Yang Wajib Dijalankan Pemerintah.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
 Janji Pendidikan Yang Wajib Dijalankan Pemerintah. Foto:    Ilustrasi Siswa Madrasah
Foto: dok. Republika
Janji Pendidikan Yang Wajib Dijalankan Pemerintah. Foto: Ilustrasi Siswa Madrasah

IHRAM.CO.ID,JAKARTA—Ketua Dewan Pembina Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) Afrizal Sinaro mengatakan, pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Melalui pendidikan, generasi muda akan mampu secara aktif mengembangkan potensi dirinya dan memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukannya dalam kehidupan di tengah masyarakat, bagsa dan negara.

“Ini adalah janji pendidikan yg harus dijalankan oleh pemerintah,” ujar Afrizal, Jumat (25/12).

Baca Juga

Dia juga meminta para menteri baru di Kabinet Indonesia Maju untuk lebih memprioritaskan mutu pendidikan Indonesia, khususnya di lembaga pendidikan Islam swasta yang masih sangat memerlukan bantuan.

“Peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam harus diprioritaskan dalam program menteri agama yang baru, terutama sekali madrasah dan pesantren swasta yg jumlahnya hampir 70 persen di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Akibat pandemi, hampir seluruh madrasah dan sekolah Islam swasta menanggung kesulitan keuangan, khususnya untuk membayar upah pengajar, kata Afrizal. “Jangan biarkan mereka berjalan sendiri, pemerintah punya kewajiban membantu disaat sulit seperti ini,” sambungnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement