Rabu 30 Dec 2020 18:53 WIB

BUMD Jasa Sarana Jadi Distributor Resmi CePAD

Korporasi juga berencana memasukan CePAD ke dalam e-katalog. 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Peneliti menunjukkan alat deteksi cepat atau Rapid Test CePAD Antigen di Pusat Riset Bioteknologi Molekular dan Bioinformatika Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Peneliti menunjukkan alat deteksi cepat atau Rapid Test CePAD Antigen di Pusat Riset Bioteknologi Molekular dan Bioinformatika Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- BUMD PT Jasa Sarana terus memperkuat kontribusi membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 lewat sejumlah langkah anak usaha. Salah satu upaya yang dilakukan PT Usaha Bersama Jabar (UBJ) dengan menjadi distributor resmi Uji CePAD: Covid-19 Antigen hasil inovasi peneliti Universitas Padjadjaran (Unpad). 

Menurut Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq, tak hanya menjadi distributor resmi, UBJ juga turut membantu satuan tugas Covid-19 melakukan pelaksanaan monitoring maupun tracking bagi pengguna yang melakukan test antigen produk CePAD.  

“Salah satu alasan Jasa Sarana melalui anak usaha UBJ berkontribusi dalam penanganan Covid-19 melalui CePAD karena kami tertarik dalam pengembangan IT-nya,” ujar Hanif dalam keterangan resmi korporasi, Rabu (30/12).

Menurutnya, lewat pengembangan IT produk ini memungkinkan pihaknya membantu pemerintah dalam melakukan tracking terutama bagi warga yang telah melakukan test antigen. “Layanan IT CePAD juga bisa memberikan layanan pemesanan online juga surat keterangan hasil test secara online,” katanya.

PT UBJ, kata dia, sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, lalu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sejumlah kawasan industri dan layanan kesehatan. Korporasi juga berencana memasukan CePAD ke dalam e-katalog. 

“Saat ini jangkauan layanan masih di Jawa Barat dan DKI Jakarta,” katanya.

Sebelumnya lewat anak usaha PT Jasa Medivest, Jasa Sarana turut berkontribusi dalam pengelolaan dan pengolahan limbah medis Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, penanganan Covid-19 di Jawa Barat sekaligus inovasi penanganan yang lahir dari perguruan menjadi bukti bahwa kolaborasi menjadi kunci Jawa Barat mengendalikan pandemic. “Dan juga terbukti, industri di Jawa Barat bisa digeser menjadi industri kesehatan. Ventilator, alat rapid tes, masker, itu semua ngumpul dan swasembada di Jawa Barat,” katanya. 

Menurutnya, swasembada alat kesehatan terkait Covid-19 di Jawa Barat lahir dari kuatnya kolaborasi antara pemerintah, BUMN, dunia pendidikan dan UMKM. Kemampuan swasembada ini melahirkan pemenuhan kebutuhan dari mulai alat pendeteksi virus hingga kebutuhan harian yang selaras dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) seperti masker hingga wastafel. 

CePAD Unpad diperkenalkan Menteri Riset dan Teknologi RI Prof. Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers virtual yang digelar Senin (28/12/2020) lalu.

“Dua inovasi anak bangsa ini mempunyai peran sangat penting dalam penanganan Covid-19 terutama dalam pelaksanaan 4T (testing, tracing, tracking, dan treatment),” kata Menristek. 

Menristek menjelaskan, CePAD dan GeNose merupakan dua produk inovasi yang dikategorikan alat untuk melakukan pendeteksian cepat terhadap keberadaan Covid-19 pada manusia. Dua produk ini tidak terkategorikan sebagai tes cepat berbasis antibodi, tetapi memiliki sasaran pengujian yang berbeda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement