Ahad 03 Jan 2021 11:36 WIB

Muslim Latin di Chicago Bantu Tunawisma Sambil Berdakwah

Semakin banyak orang Hispanik masuk Islam selama dekade terakhir.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Latin di Chicago Bantu Tunawisma Sambil Berdakwah. Komunitas Latin Muslim di AS
Foto: VOA
Muslim Latin di Chicago Bantu Tunawisma Sambil Berdakwah. Komunitas Latin Muslim di AS

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Sebuah organisasi Muslim Latin, Ojala Foundation, bekerja sebagai jembatan antara Muslim Latin dan komunitas sekitar di Chicago, AS. Mereka berupaya membantu orang yang membutuhkan sambil menyebarkan keyakinan Islam.

Misi yayasan tersebut, yakni membawa mereka ke jalan-jalan Chicago, di saat kebanyakan orang menghindarinya. "Mereka berkata, 'Ini dia Muslim' setiap kali kami muncul pada Jumat malam untuk membagikan makanan kepada para tunawisma," kata Direktur Penjangkauan untuk Ojala Foundation, Raul Gonzalez, dilansir di Chicago Tribune, Ahad (3/1).

Baca Juga

"Kami memberi tahu mereka Tuhan tidak melupakan mereka," ucap Gonzalez.

Setiap Jumat malam, orang-orang dari yayasan membagikan makanan di lingkungan Heart of Chicago di Southwest Side. Kelompok ini juga mensponsori pembersihan, memberikan kelas tentang Islam, dan mengadakan acara potluck untuk mempromosikan keanggotaan. 

"Banyak Hispanik yang masuk Islam justru bingung karena hanya ada sedikit tempat untuk mengajar mereka dan membimbing mereka tentang bagaimana mereka harus bertindak sebagai Muslim," kata Gonzalez.  

"Di Ojala, kami menawarkan kelas untuk Muslim dan kami memiliki keanggotaan, ditambah kami melakukan bagian kami dalam membantu orang lain, memulihkan mereka ke tempat yang lebih baik," lanjutnya. 

Menurut Pew Research Center, semakin banyak orang Hispanik masuk Islam selama dekade terakhir. Jumlah Muslim yang tinggal di Amerika Serikat meningkat dari 2,5 juta menjadi 3,5 juta dari 2007 hingga 2017. Sekitar seperempat juta di antaranya adalah orang Latin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement