Ahad 03 Jan 2021 15:43 WIB

5 Spesies Laba-Laba Baru Ditemukan di China

Butuh lima tahun bagi ilmuwan untuk mengidentifikasi 5 spesies laba-laba baru ini.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Laba-laba
Foto: Wikipedia
Laba-laba

IHRAM.CO.ID, KUNMING -- Lima spesies laba-laba baru ditemukan di China. Spesies ini sebenarnya tidak benar-benar baru. Spesies ini sudah ditemukan lima tahun lalu. Namun, butuh waktu lama bagi para peneliti untuk mengidentifikasi dan mengungkapnya.

Para peneliti China telah menemukan lima spesies laba-laba baru di Provinsi Yunnan. Dilansir dari kantor berita Xinhua pada Ahad (3/1), spesimen laba-laba tersebut dikumpulkan oleh para ilmuwan Universitas Tongren dari Gunung Wuliang pada Agustus 2015. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal terkenal termasuk Life Science Research dan Sichuan Journal of Zoology.

Baca Juga

Diketahui, iklim dan topografi Gunung Wuliang yang rumit dan beragam menjadikannya rumah yang sempurna bagi beragam jenis satwa liar. Ada lebih dari 2.700 spesies tumbuhan tingkat tinggi, 123 spesies mamalia dan lebih dari 600 spesies serangga di Cagar Alam Gunung Wuliang.

Sebelumnya, sejumlah ilmuwan mengidentifikasi 30 spesies baru laba-laba di hutan wilayah selatan Yunnan pada 2014. Lokasi itu dikenal dengan nama Mengbanaxi di masa lalu, yang berarti 'Kerajaan Flora dan Fauna Tropis.'

Tim penemu asal Institut Zoologi Akademi Sains Tiongkok memperingatkan banyaknya spesies baru yang mungkin sudah punah sebelum sempat ditemukan. Hal itu dikarenakan banyaknya aktivitas eksploitasi hutan hujan, seperti penebangan pohon dan pembukaan ladang.

Perekonomian China yang melaju pesat mengancam kelestarian Xishuangbanna. Jalan raya baru dan berbagai perkebunan kini bermunculan, mendominasi kehidupan flora dan fauna di Xishuangbanna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement