Ahad 03 Jan 2021 18:53 WIB

Volume Kendaraan Arus Balik di Jalur Gentong Mulai Meningkat

Jumlah kendaraan yang melintas di jalur Gentong mencapai 35 kendaraan per menit.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Friska Yolandha
Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan memantau arus lalu lintas di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (3/1).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan memantau arus lalu lintas di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (3/1).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Kondisi arus lalu lintas di Jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, dari arah Tasikmalaya ke arah Garut mulai mengalami peningkatan pada Ahad (3/1) sore. Kendati demikian, arus balik liburan tahun baru di jalur tengah Jawa Barat itu masih cenderung lancar.

Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan mengatakan, peningkatan kendaraan yang melintas di Jalur Gentong mulai mengalami peningkatan sejak Ahad pukul 16.00 WIB. Peningkatan terjadi dari arah Tasikmalaya yang hendak ke arah Garut, Bandung, hingga Jakarta.

Baca Juga

"Per menit roda empat itu 25-35 kendaraan," kata dia, Ahad.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada kendala lalu lintas dalam arus balik libur tahun baru. Situasi lalu lintas masih relatif lancar.

Kendati demikian, Doni mengatakan, aparat kepolisian sudah melakukan antisiapsi jika terjadi kepadatan di jalur utama. Sejumlah personel sudah disiagakan mulai dari pos perbatasan Rajapolah sampai ke Jalur Gentong.

"Kita juga sudah siapkan jalur alternatif seandainya terjadi kendala di jalur utama," kata dia.

Doni mengatakan, berdasarkan prediksi, puncak arus balik akan terjadi pada Ahad malam. Sebab, sejak Ahad sore terpantau volume kendaraan dari arah Tasikmalaya terus meningkat.

"Malam nanti diperkirakan kan terus bertambah," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement