Senin 04 Jan 2021 03:50 WIB

Masjid yang Sangat Indah dan Unik di Malaysia

Salah satu masjid indah dan unik di Malaysia yakni Masjid Kuala Lumpur dan Putrajaya

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Esthi Maharani
Masjid Putrajaya
Foto: About Islam
Masjid Putrajaya

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat beberapa masjid yang sangat indah dan unik di Malaysia. Salah satunya ada Masjid Kuala Lumpur dan Putrajaya. Kedua masjid itu didesain oleh arsitektur Islam dari seluruh dunia. Dengan ciri khas yang dimiliki masing-masing, kedua masjid tersebut mampu membuat pengunjung takjub akan bangunan dan fasilitas yang ada.

Dilansir dari Aboutislam.net (3/1), modernitas masjid Malaysia menunjukkan betapa muda Malaysia sebagai negara Islam. Meskipun Islam masuk ke negara itu sekitar 700 tahun yang lalu, agama tersebut terpinggirkan selama lebih dari 400 tahun pendudukan Eropa yang baru saja berakhir pada tahun 1957. Sejak itu, Islam kembali menjadi sentral dalam masyarakat Melayu.

Kemudian, untuk diketahui Masjid Putrajaya dibangun pada tahun 1999 dari granit berwarna merah dalam gaya arsitektur Persia yang terkait dengan Dinasti Safawi abad ke-16. Bahan bangunannya terbuat dari baja tahan karat. Masjid ini berada di sekitar ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Jika berkunjung kesana akan semakin terlihat pola yang menakjubkan dari bangunan tersebut. Adapun tiga dimensi yang terlihat sebagai kubah raksasa di atas struktur logam raksasa. Masjid unik ini diselesaikan sepuluh tahun lalu menggunakan lebih dari 6.000 ton baja. Masjid ini salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara dan bisa menampung lebih dari 20 ribu jemaah.

Lalu, ada masjid tertua di Malaysia yaitu di daerah Kampung Laut kurang lebih berusia dari 300 tahun. Gaya bangunannya khas masjid Melayu dan memiliki kemiripan dengan masjid-masjid di Timur Tengah. Desainnya seperti rumah Melayu dan Jawa pada masa itu, atapnya bertingkat tiga dibangun di atas panggung dan seluruhnya dibangun dari kayu.

Masjid terkenal lainnya adalah Masjid Negara di Kuala Lumpur yang dibangun pada tahun 1965 sebagai masjid paling spektakuler di Asia Tenggara. Menariknya, Masjid ini unik dengan menara putih setinggi 73 meter yang menjulang tinggi. Di bawahnya ada fitur bangunan yang paling mempesona. Dengan 16 titiknya, kubah beton berwarna biru dan hijau masjid yang indah menyerupai payung terbuka.

Selain itu, masjid tertua di Malaysia adalah Masjid Jamek yang dibuka pada tahun 1909. Ini berbeda dari masjid lainnya. Masjid ini arsitekturnya mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement