Senin 04 Jan 2021 22:20 WIB

15 Ribu Warga Batang Dapat Jaminan BPJS Kesehatan

Pemkab Batang mengalokasikan Rp 4,1 miliar per tahun untuk BPJS 15 ribu warganya

BPJS Kesehatan
Foto: BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Sebanyak 15 ribu warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mendapat jaminan kesehatan BPJS yang dibiayai oleh pemerintah daerah dengan alokasi mencapai sekitar Rp 4,1 miliar per tahun.

"Pemkab telah mengalokasikan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk jaminan kesehatan pada 15 ribu warga miskin," kata Bupati Batang Wihaji usai memberikan santunan pada dua penderita stroke di Batang, Senin.

Baca Juga

Kehadiran Bupati menjadi berkah bagi pasangan suami-istri Suyitno dan Munifah yang menderita sedang sakit stroke karena mereka mendapat bantuan untuk melunasi utangnya sebesar Rp 600 ribu serta bantuan operasional perawatan ke rumah sakit sebesar Rp 3 juta.

"Saya menyakini jika awal tahun kita melakukan hal baik maka hari berikutnya akan lebih baik lagi," katanya.

Wihaji mengatakan program "tilik" (berkunjung) warga sangat direspon oleh masyarakat sehingga kegiatan ini akan terus ditindaklanjuti. "Tilik warga sedikit banyak menolong mereka. Mungkin banyak warga yang sakit semacam ini tetapi kami akan memprioritaskan bagi warga yang tidak mampu," katanya.

Menurut dia, melalui kegiatan program tilik warga ini maka dirinya akan menemukan permasalahan yang dihadapi warga tidak mampu apakah memiliki jaminan kesehatan atau tidak serta persoalan biaya operasional pengobatan.

"Oleh karena, kami siap membantu, misalnya pesertaanya BPJS kesehatan mandiri karena sakit tidak bekerja, akhirnya berhenti maka pemkab akan mengurus agar mendapat jaminan kesehatan yang dibiayai melalui dana APBD," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement