Selasa 05 Jan 2021 02:03 WIB

Top 5 News: Rekening FPI Dibekukkan, UAS Abaikan Prokes?

Sederet amalan yang bisa ringankan siksa kubur orang tua.

FPI dibubarkan resmi pemerintah sejak Rabu (30/12).
Foto: Republika
FPI dibubarkan resmi pemerintah sejak Rabu (30/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- JAKARTA -- Berita-berita FPI masih menjadi magnet kuat bagi masyarakat. Terbukti dua berita terkait FPI masuk dalam jajaran berita terpopuler di Republika.co.id, Senin (4/1).

Tak hanya berita soal FPI, ada juga kabar tentang amalan yang bisa meringankan siksa kubur dan menerangi kubur orang tua yang sudah wafat. Hingga kabar Ustaz Abdul Somad yang dituding berceramah dengan tak mematuhi protokol kesehatan, yakni tidak memakai masker.

1. Amalan yang Ringankan Siksa Kubur Orang Tua

JAKARTA – Salah satu amalan yang harus dilakukan anak adalah mendoakan orang tuanya. Terlebih, jika orang tuanya telah meninggal. Ulama fikih Imam Abdullah al-Hadad mengatakan dalam bukunya, Sabilul Iddikar, salah satu hal penting yang harus diperhatikan seorang anak adalah jangan lupa selalu mendoakan orang tua, baik orang tua yang masih hidup maupun meninggal.

“Ada yang dinukil riwayat dari Sayyidina Ali. Ada seorang anak muda yang hidupnya ibarat rezekinya seret, tidak lancar, dia lapor ke Ali, 'Ya Amiral Mu’minin, saya ini kok hidupnya rezekinya seret?'" kata KH Arja Imroni, Katib PWNU Jawa Tengah, dalam video bertajuk Amalan Agar Meringankan Siksa Kubur Orang Tua yang Sudah Meninggal di kanal Youtube NU Online.

Berdoa

Lalu, Ali bertanya dalam riwayat itu, “Apakah kamu suka mendoakan orang tuamu? Anak muda itu menjawab, 'Sama sekali tidak.' Kemudian, Ali menjawab, 'Itu penyebab rezekimu tidak lancar, tidak pernah mendoakan orang tua.'”

“Penting diingat, bagi anak-anak muda, kalau mau hidup baik, doakan orang tua, paling tidak singkatnya rabbighfirli liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shagiiraa. Apalagi kalau orang tuanya sudah wafat,” ujar dia.

Baca berita selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Ternyata, Masih Banyak Warga di Kota Surabaya Tinggal di Kolong Jalan Tol

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement