Selasa 05 Jan 2021 18:09 WIB

Fasilitas Kesehatan Terancam Kewalahan Tangani Pasien Covid

Kondisi keterisian tempat tidur di berbagai daerah telah melebihi 70 persen.

Rep: Dessy Suciati Saputri    / Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fasilitas kesehatan terancam kewalahan menangani pasien Covid-19. Karena itu, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat agar tak abai menjalankan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 ini.

Wiku mengatakan, kondisi keterisian tempat tidur baik di ruang ICU dan ruang isolasi rumah sakit di berbagai daerah telah melebihi 70 persen. Daerah tersebut seperti di DKI Jakarta, Banten, DIY, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Baca Juga

“Jika masyarakat terus abai dan meninggalkan kasus baru, tidak akan cukup fasilitas kesehatan kita untuk bisa menanganinya,” kata Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (5/1).

Wiku mengatakan satu-satunya cara untuk mencegah penularan saat ini dengan menjalankan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Apalagi hingga saat ini, Satgas mencatat sebanyak 237 dokter telah meninggal dunia akibat Covid-19.

Tren meninggalnya para tenaga kesehatan ini terus menunjukan peningkatan sejak Oktober dan Desember. Wiku mengatakan, kondisi saat ini dapat menjadi alarm bagi semua pihak bahwa Indonesia sedang dalam keadaan darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement