Selasa 05 Jan 2021 18:35 WIB

Pekan Ini, Kasus Positif Covid-19 Indonesia Naik 7,3 Persen

Tiga dari lima provinsi dengan kenaikan kasus Covid-19 tertinggi ada di Pulau Jawa.

Rep: Dessy Suciati Putri/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan kasus positif pekan ini tercatat mengalami kenaikan hingga 7,3 persen dibandingkan pekan sebelumnya.
Foto: Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan kasus positif pekan ini tercatat mengalami kenaikan hingga 7,3 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, jumlah kasus positif pekanan menunjukan terjadinya tren kenaikan. Pada pekan ini, kasus positif tercatat mengalami kenaikan hingga 7,3 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

“Di mana pada minggu ini 3 dari 5 provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi ini berada di Pulau Jawa. Yaitu Jawa Barat naik 2.250 kasus, DKI Jakarta naik 502 kasus, Jawa Tengah naik 457 kasus, Sulawesi Tengah naik 391, dan Sulawesi Selatan naik 295 kasus,” kata Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (5/1).

Baca Juga

Satgas pun menyoroti Provinsi Jawa Barat yang menduduki ranking pertama kenaikan kasus tertinggi pada pekan ini. Padahal pada pekan sebelumnya, Jawa Barat tak masuk dalam lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi.

Wiku melanjutkan, pada tren laporan pekanan, daerah-daerah di Pulau Jawa selalu berkontribusi dalam peningkatan kasus yang cukup tinggi di tingkat nasional. Karena itu, Satgas meminta pemerintah daerah khususnya di Pulau Jawa untuk serius menangani pandemi dan menekan kasus baru.

“Walau begitu, beberapa daerah lain di Pulau Jawa yang penduduknya relatif tidak sepadat daerah di Pulau Jawa ternyata juga masuk ke dalam lima besar peningkatan kasus tertinggi seperti Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan,” jelas dia.

Hal ini menunjukan daerah-daerah tersebut lengah dalam mengantisipasi penularan Covid-19. Sehingga kasus positif baru terus bertambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement