Selasa 05 Jan 2021 18:53 WIB

Trafik Data Telkomsel di Jabar, DKI, dan Banten Naik 9,3%

Telkomsel telah menggelar lebih dari 39 ribu BTS dan melakukan optimalisasi jaringan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi
Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro. Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data di Jabotabek, Jabar dan Banten lebih dari 9,3 persen dibandingkan hari biasa.
Foto: Dok. Telkomsel
Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro. Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data di Jabotabek, Jabar dan Banten lebih dari 9,3 persen dibandingkan hari biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Telkomsel mencatat berbagai temuan penting mengenai trafik komunikasi selama momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data di Jabotabek, Jabar dan Banten lebih dari 9,3 persen dibandingkan hari biasa.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menjelaskan, sebanyak 39 kota dan kabupatennya mengalami pertumbuhan trafik layanan data sepanjang periode Nataru. Telkomsel telah menggelar lebih dari 39 ribu BTS dan melakukan optimalisasi jaringan di wilayah Jabotabek, Jabar, dan Banten untuk mendukung kelancaran layanan komunikasi.

Baca Juga

Menurutnya, kenaikan trafik layanan data yang terjadi di wilayah operasional Jabotabek, Jabar dan Banten lebih dari 9,3 persen dibandingkan hari biasa. Secara tahunan, kenaikan trafik data Nataru 2020 meningkat 37 persen dibandingkan dengan periode Nataru 2019. 

"Ada tiga wilayah yang juga mengalami pertumbuhan trafik layanan data lebih dari 30 persen dibandingkan hari biasa yakni Kabupaten Purwakarta sebesar 36,2 persen, Kota Bekasi 33,6 persen, dan Kabupaten Karawang 30,8 persen," ujar Setyanto, Selasa (5/1).

Sebelumnya, kata dia, Telkomsel telah mengambil langkah antisipatif dengan menentukan 550 point of interest (POI) di seluruh Indonesia. POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan Covid-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain). 

Dari situ, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan di POI tersebut dengan mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Juga menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Selain itu, kata dia, sepanjang momen Nataru 2020/2021 ini, Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk dan layanan guna memastikan kenyamanan pengguna selama momen pergantian tahun. Upaya tersebut dilakukan dengan memperkuat koordinasi bersama lebih dari 60 ribu mitra strategis.

Yakni, terdiri atas 61 mitra distributor dan 530 Telkomsel Distribution Center, 51.980 mitra modern channel, 3.644 mitra outlet/reseller Siaga, 3.827 Sales Agent, 23 mitra e-commerce dan fleet management, serta 43 mitra perbankan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement