Selasa 05 Jan 2021 20:42 WIB

Detik-Detik Malaikat Mendatangi Mukmin yang Meninggal   

Malaikat akan mendatangi orang meninggal dunia

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Malaikat akan mendatangi orang meninggal dunia. Ilustrasi meninggal dunia.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Malaikat akan mendatangi orang meninggal dunia. Ilustrasi meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan keadaan seorang mukmin saat menghadapi kematian. 

Orang mukmin didatangi malaikat yang akan menjemputnya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Abu Hurairah RA sebagai berikut: 

Baca Juga

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قال: إنَّ الرَّجُلَ المُؤْمِنَ إذَا كَانَ فِي انْقِطَاعٍ مِنَ الدُّنْيَا وَإقْبَالٍ مِنَ الآخِرَةِ نَزَلَ إلَيْهِ مَلاَئِكَةٌ مِنَ السَّمَاءِ بِيْضُ الوُجُوهِ وَكَأَنَّ وُجُوهَهُمُ الشَّمْسُ مَعَهُمْ حَنُوطٌ مِنْ حَنُوطِ الجَنَّةِ وَكَفَنٌ مِنْ كَفَنِ الجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسُوا مِنْهُ مَدَّ البَصَرِ ثُمَّ يَجِيءُ مَلَكُ المَوْتِ حَتَّى يَجْلِسَ عِنْدَ رَأسِهِ فَيَقُولُ : أيَّتُهَا النَّفْسُ الطَّيِّبَةُ ! اُخْرُجِي إلَى مَغْفِرَةٍ مِنَ اللهِ وَرِضْوَانٍ ، قَالَ فَتَخْرُجُ نَفْسُهُ فَتَسِيلُ كَمَا تَسِيلُ القَطْرَةُ مِنْ فَمِ السَّقَاءِ فَيَأْخُذُهَا فَإذَا أخَذَهَا لَمْ يَدَعْهَا فِي يَدِهِ طَرْفَةَ عَيْنٍ حَتَّى يَأخُذَهَا فَيَجْعَلُهَا فِي ذَلِكَ الكَفَنِ وَفِي ذَلِكَ الحَنُوطِ وَتَخْرُجُ مِنْهَا كَأطْيَبِ نَفْحَةِ رِيْحِ مِسْكٍ وُجِدَتْ عَلَى ظَهْرِ الأرْضِ

“Seorang hamba mukmin, jika telah berpisah dengan dunia, menyongsong akhirat, maka malaikat akan mendatanginya dari langit, dengan wajah yang putih. Rona muka mereka layaknya sinar matahari. Mereka membawa kafan dari surga, serta hanuth (wewangian) dari surga. Mereka duduk di sampingnya sejauh mata memandang. Lalu malaikat maut hadir dan duduk di dekat kepalanya sembari berkata: "Wahai jiwa yang baik -dalam riwayat- jiwa yang tenang keluarlah menuju ampunan Allah dan keridhaannya". Ruhnya keluar bagaikan aliran cucuran air dari mulut kantong kulit. Setelah keluar ruhnya, maka setiap malaikat maut mengambilnya. Jika telah diambil, para malaikat lainnya tidak membiarkannya di tangannya (malaikat maut) sejenak saja, untuk mereka ambil dan diletakkan di kafan dan hanuth tadi. Dari rohnya tercium semerbak aroma misk terwangi yang ada di bumi..." (HR Baihaqi dan Ahmad). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement